Kajian Principal-Agent Pada Lembaga Publik (Studi Kasus Pada Unit Aktifitas Olahraga Bolabasket di Universitas Brawijaya)

Suhudi, MuhammadAmri (2012) Kajian Principal-Agent Pada Lembaga Publik (Studi Kasus Pada Unit Aktifitas Olahraga Bolabasket di Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan keolahragaan dilakukan bukan hanya untuk kesehatan, melainkan dapat menjadi persaingan sebuah lembaga atau organisasi untuk mendapatkan penghargaan (pencitraan). Hal tersebut menurut Coakley dan tercantum pada Sistem Keolahragaan Nasional UU RI No.3 tahun 2005. Dari keolahragaan di kalangan mahasiswa, pembinaan menentukan output yang berkualitas sehingga tidak ada yang rugi seharusnya. Faktanya terdapat perbedaan pembinaan yang dilakukan di setiap universitas dengan tujuan yang sama (pencitraan). Analisis yang dilakukan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis untuk menjawab apa saja yang terjadi pada hubungan pihak rektorat Universitas Brawijaya (principal) dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Bola Basket (agent). Hasilnya, hubungan principal-agent yang diterapkan di UB diberlakukan kontrak secara tertulis tetapi hubungan ini memiliki perjanjian (kontrak) secara otomatis. Hubungan tersebut bisa di analisis dalam teori ekonomi kelembagaan baru yang dapat menimbulkan masalah keagenan. Hal ini juga disebabkan kedudukan principal dan agent tidak seimbang dalam pengaruh kekuasaan (power). Pembinaan non akademik pada bidang keolahragaan bertujuan sebagai wadah untuk meningkatkan softskill mahasiswa dan mendapatkan citra nama baik atas prestasi yang diraih. Oleh karena itu pihak rektorat menerapkan pembinaan dalam sistem insentif dan monitoring yang pada dasarnya adalah bentuk kompensasi resiko atas pengorbanan mahasiswa yang berada di UKM Bola Basket sebagai agent. Tetapi kenyataannya insentif yang diterapkan lebih condong pada bentuk kepentingan pihak universitas saja, misalkan sebagai investasi ataupun biaya yang sulit. Begitu juga dengan monitoring yang kurang detail untuk agent (atlet/mahasiswa), misalkan kurangnya tanggung jawab atas cidera atlet. Hal ini tidak sesuai dengan teori kontrak pada ekonomi kelembagaan dan hukum kontrak innominate yang masih berkembang di Negara Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/578/051300884
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Apr 2013 10:12
Last Modified: 21 Oct 2021 00:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106409
[thumbnail of 051500884.pdf]
Preview
Text
051500884.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item