Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro (Studi pada Nasabah Bank X Malang)

Sholihah, PuputIchwatus (2012) Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro (Studi pada Nasabah Bank X Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah permodalan menjadi masalah yang patut diperhatikan bagi UMKM. Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu solusi atas masalah permodalan yang dihadapi UMKM. UMKM yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik dapat menjadikan dana KUR yang diterimanya menjadi instrumen untuk pengembangan usaha tanpa mengalami masalah pembayaran kredit macet terhadap pihak penyalur KUR. UMKM yang tidak memiliki pengelolaan keuangan yang baik akan akan mengakibatkan beberapa masalah pembayaran kredit yang disebut kredit macet pada bank pemberi KUR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengelolaan keuangan dengan membandingkan penerapan pada UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang baik dan UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang tergolong kedalam daftar kolektibilitas pada nasabah Bank X Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun jenis penelitian kualititatif yang dipakai adalah studi kasus observasi, dimana yang lebih ditekankan adalah kemampuan peneliti dalam menggunakan teknik observasi dalam kegiatan penelitian. Adapun hasil penelitian selama periode penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama , UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang baik menerapkan pengelolaan keuangan dengan baik dan disiplin, selain itu pemilik dapat memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Kedua , UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang tergolong kedalam daftar kolektibilitas NPL menerapkan pengelolaan keuangan secara kurang baik. Ketiga , Kendala yang dihadapi adalah ketidakpahaman pelaku UMKM terhadap tata cara pengelolaan keuangan yang disampaikan oleh pihak penyalur KUR dan memiliki asumsi bahwa penelolaan keuangan adalah sesuatu yang rumit. Keempat , Langkah-langkah yang ditempuh pihak penerima KUR adalah mecoba menginformasikan kendala tersebut kepada mantri kredit dan mengidentifikasi kekurangan dengan harapan dapat diperbaiki. Kelima , Langkah-langkah yang ditempuh pihak penyalur KUR adalah mengidentifikasi materi yang dibutuhkan UMKM agar pembinaan sesuai dengan nasabah penerima KUR.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/566/051300184
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Jan 2013 09:42
Last Modified: 21 Oct 2021 00:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106396
[thumbnail of BAB_II.pdf] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_III.pdf] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_IV.pdf] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_V.pdf] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf] Text
daftar_pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Halaman_depan.pdf] Text
Halaman_depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_I.pdf] Text
BAB_I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item