Sella, Yuliarta Kurnia Pramai (2018) Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Pengaruh Sosial, Kondisi Fasilitas, Dan Nilai Harga Terhadap Minat Perilaku Wajib Pajak Dalam Menggunakan E-Filing Di Malang Raya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
E-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan nilai harga terhadap minat perilaku Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing di Malang Raya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel independen, yaitu persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan nilai harga. Sedangkan variabel dependennya yaitu minat perilaku Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing di Malang Raya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Malang Raya dengan populasi penelitian Wajib Pajak Orang Pribadi pengguna efiling yang terdaftar di KPP Malang Raya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan sampel sebanyak 257 Wajib Pajak melalui teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan nilai harga berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat perilaku Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing di Malang Raya.
English Abstract
E-Filing is an electronic means of delivery of Letter of Notification (SPT) which is done online and real time through the internet on the website of the Directorate General of Taxation. This study aims to determine the effect of perceived usefulness, perceived ease of use, social influence, facilitating conditions, and price value on taxpayers behavioral intention in using e-filing in Malang Raya. Variables used in this study are independent variables, namely perceived usefulness, perceived ease of use, social influence, facilitating conditions, and price value. While the dependent variable is taxpayer behavioral intention in using e-filing in Malang Raya. This research uses explanatory research type with quantitative approach. The research location is in Tax Service Office (KPP) Malang Raya with research population of Personal Taxpayer of e-filing user registered in KPP Malang Raya. Data used in this research is primary data by using questionnaire. This study used multiple linear regression analysis with 257 samples of Taxpayers through accidental sampling technique. The results of this study indicate that perceived usefulness, perceived ease of use, social influence, facilitating conditions, and price value significantly partially influence the taxpayers behavioral intention in using e-filing in Malang Raya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/207/051803650 |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 17 May 2018 03:14 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 08:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10638 |
Preview |
Text
Yuliarta Kurnia Pramai Sella_145030400111018.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |