Peranan Asosiasi Forum Masyarakat Industri Rokok Indonesia (Formasi) Sebagai Jaringan Sosial Terhadap Perkembangan Pabrik Rokok Di Kota Malang.

Hendra, kristian (2012) Peranan Asosiasi Forum Masyarakat Industri Rokok Indonesia (Formasi) Sebagai Jaringan Sosial Terhadap Perkembangan Pabrik Rokok Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui peranan Asosiasi FORUM MASYARAKAT INDUSTRI ROKOK INDONESIA (FORMASI) serta Mengetahui gambaran hubungan timbal balik selama ini terhadap perkembangan pabrik rokok antara Asosiasi FORUM MASYARAKAT INDUSTRI ROKOK INDONESIA (FORMASI) itu tersebut dengan anggotanya sebagai sebuah jaringan sosial khususnya di Kota Malang. Kondisi perkembangan Industri Pabrik Rokok dipengaruhi oleh dua hal yaitu dari pemerintah sebagai pemegang kebijakan masalah cukai dan pasar sebagai pemegang kendali atas harga. Adanya Asosiasi ini dibentuk untuk mereduksi kegagalan pasar pada industri itu sendiri yang memuncukanl fenomena bergugurannya industri rokok di Indonesia. Oleh karenanya Asosiasi ini dapat memberikan sebuah suntikan positif bagi Industri rokok dalam bentuk jaringan sosial dan kelembagaan yaitu tentang strukturisasi industri dalam bentuk pemetaan industri rokok serta koordinasi industri, pemberlakuan aturan main sebagai solusi konflik, advokasi dan informasi serta modal sosial. Untuk mengetahui seberapa besar peranan dan timbal balik peranan Asosiasi FORUM MASYARAKAT INDUSTRI ROKOK INDONESIA (FORMASI) dalam membangun jaringan sosial industri rokok maka digunakan metode penelitian dengan pendekatan metode kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus. Data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara mendalam semi terstruktur, observasi partisipasi, dokumentasi, dan penelusuran media. Berdasarkan dari hasil data-data yang sudah diperoleh dari pelbagai teknik pengumpulan data, penulis kemudian menganalisa sebagai sintesa antara teori dan realitas serta alat pembanding antara data satu dengan data yang lain. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil-hasil temuan berupa: (1) Asosiasi FORMASI merupakan asosiasi industri rokok yang segmentasinya berada di Industri Rokok golongan menengah kecil (2) Asosiasi ini tidak hanya sebagai jaringan sosial yang berfungsi secara administratif saja melainkan secara financing, dan dalam tahap berikutnya Asosiasiasi ini akan bertransformasi sebagai KOPERASI (3) untuk pasar Asosiasi ini berperan sebagai pusat informasi, pengawasan, pengembangan dan aturan main serta distribusi bahan baku sevara kolektif di dalam industri rokok di bawahnya (4) peranan lainnya juga terlihat seperti penyediaan bantuan advokasi kepada anggotanya terhadap masalah konflik industri antar perusahaan diluar keanggotaan, kebijakan pemerintah, dan konflik dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/548/051205667
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Jan 2013 10:24
Last Modified: 20 Oct 2021 23:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106378
[thumbnail of 6.BAB_III.pdf]
Preview
Text
6.BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7.BAB_IV.pdf]
Preview
Text
7.BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
2.ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.BAB_V.pdf]
Preview
Text
8.BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.COVER.pdf]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
3.DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.BAB_I.pdf]
Preview
Text
4.BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.BAB_II.pdf]
Preview
Text
5.BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item