Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Pakaian Di Distro REALIZM (Studi Pada Distro REALIZM. Malang).

Wicaksono, Arie (2012) Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Pakaian Di Distro REALIZM (Studi Pada Distro REALIZM. Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh retailing mix yang terdiri atas variabel: produk, harga, tempat, promosi, tenaga penjual dan tampilan toko terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembeliaan pakaian di distro realizm . Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat ( retailing mix ) terhadap variabel bebas (keputusan konsumen) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 70 responden. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana teknik penentuan sampel berdasarkan karakteristk sebagai berikut ; konsumen yang melakukan pembelian di distro realizm , pengambilan berdasarkan usia ( anak muda yang berusia 15 tahun s/d 30 tahun ). Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), tenaga penjual (X5) dan tampilan toko (X6) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung > F tabel (13,926 > 2,23) atau Sig. F < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti bahwa produk, harga, tempat, promosi, tenaga penjual dan tampilan toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen secara simultan (bersama-sama). Sedangkan secara parsial, produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), tenaga penjual (X5) dan tampilan toko (X6) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dengan sigifikansi masing-masing variabel sebesar 0,010, 0,025, 0,039, 0,016, 0,015, dan 0,040. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen yaitu variabel produk (X1) dengan standardized coefficients beta sebesar 0,251. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keenam variabel bebas yaitu, produk, harga, tempat, promosi, tenaga penjual, dan tampilan toko secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pakaian di distro realizm . Variabel produk merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pakaian di distro realizm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/543/051205629
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jan 2013 13:21
Last Modified: 20 Oct 2021 23:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106373
[thumbnail of 051205629.pdf]
Preview
Text
051205629.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item