Penerapan Audit Compliance Atas Sistem Pengendalian Internal Siklus Pengadaan Barang Pada Ptpn Xi Pg Asembagoes Situbondo

Kurniawan, Rachmat (2012) Penerapan Audit Compliance Atas Sistem Pengendalian Internal Siklus Pengadaan Barang Pada Ptpn Xi Pg Asembagoes Situbondo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengadaan barang merupakan suatu aktivitas yang penting dalam menunjang kelangsungan hidup perusahaan, karena memiliki arti penting yaitu sebagai proses bisnis dari pemilihan sumber daya, pemesanan, dan mendapatkan barang atau jasa. Masalah Pengadaan barang akan menjadi lebih kompleks untuk perusahaan yang berjenis manufaktur. Demikian juga pada PG Asembagoes Situbondo sebagai perusahaan penghasil gula yang memiliki beragam pengadaan barang sehingga memungkinkan timbulnya permasalahan, khususnya dalam hal pengendalian internal dalam pelaksanaan pengadaan barangnya. Untuk itu diperlukan adanya Sistem pengendalian internal yang baik serta penerapan Audit compliance atas sistem pengendalian internal siklus pengadaan barang yang bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan siklus pengadaan barang dijalankan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini lebih bersifat menjelaskan menganai situasi seta keadaan yang terjadi, mengevaluasi serta memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang muncul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian internal siklus pengadaan barang, struktur organisasi dan kebijakan manajemen yang dijalankan oleh perusahaan. Berdasarkan hasil evaluasi, PG Asembagoes memiliki berbagai kelemahan dalam Sistem Pengendalian Internal Siklus Pengadaan Barang, yaitu kurangnya otorisasi yang sesuai dari transaksi dan aktivitas dan kurangnya kelengkapan dokumen pendukung sehingga memungkinkan timbulnya kecurangan dalam proses pengadaan barang. Oleh karena itu, kelemahan tersebut perlu diperbaiki dengan melakukan pengawasan pengendalian internal dalam pelaksasaan proses pengadaan barang agar dalam pelaksaan proses pengadaan barang terebut dapat dijalankan sesuai dengan pedoman pengadaan barang yang berlaku di perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/529/051205641
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jan 2013 14:32
Last Modified: 20 Oct 2021 23:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106357
[thumbnail of 051205641.pdf]
Preview
Text
051205641.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item