Analisis Pengaruh Penyaluran Kredit Investasi Bank Umum & BPR Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Malang (Periode 2001-2010)

Wardhani, IkaNovita (2012) Analisis Pengaruh Penyaluran Kredit Investasi Bank Umum & BPR Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Malang (Periode 2001-2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberhasilan suatu pembangunan ekonomi daerah dapat dilihat salah satunya dari perkembangan produk domestik regional bruto (PDRB) yang merupakan cerminan dari pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satu variabel yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi yaitu besarnya kredit investasi yang disalurkan oleh bank umum maupun BPR. Semakin besar kredit investasi yang disalurkan maka semakin besar pula investasi yang direalisasikan sehingga dapat meningkatkan output yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga kredit investasi dan dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun terhadap kredit investasi yang disalurkan oleh bank umum & BPR di Kabupaten Malang, pengaruh jumlah kredit investasi yang disalurkan dan produk domestik regional bruto (PDRB) terhadap jumlah investasi di Kabupaten Malang serta pengaruh jumlah investasi dan tenaga kerja terhadap PDRB Kabupaten Malang. Metode analisis yang digunakan adalah model persamaan simultan dimana variabel kredit investasi, investasi dan pertumbuhan ekonomi merupakan variabel endogen sedangkan variabel tingkat suku bunga, DPK, dan tenaga kerja merupakan variabel eksogen. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji heterokedastisitas. Hasil regresi dari persamaan kredit investasi memberikan kesimpulan bahwa variabel DPK dan tingkat suku bunga berpengaruh secara bersama-sama dalam pengaruhnya ke variabel endogen yaitu kredit investasi. Selanjutnya, hasil regresi dari persamaan investasi memberikan kesimpulan bahwa variabel kredit investasi dan PDRB berpengaruh secara bersama-bersama dalam pengaruhnya ke variabel endogen yaitu investasi. Begitu pula halnya pada hasil regresi dari persamaan PDRB yang memberikan kesimpulan bahwa variabel investasi dan tenaga kerja berpengaruh secara bersama-sama dalam pengaruhnya ke variabel endogen yaitu variabel PDRB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/523/051205634
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jan 2013 09:36
Last Modified: 20 Oct 2021 23:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106351
[thumbnail of 051205634.pdf]
Preview
Text
051205634.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item