Pengaruh Relationship Maintenance Terhadap Komitmen Pelanggan Pengguna Privilege Card Diva Fashion Jewellery Malang Town Square

Abidien, Surya (2012) Pengaruh Relationship Maintenance Terhadap Komitmen Pelanggan Pengguna Privilege Card Diva Fashion Jewellery Malang Town Square. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial antara variabel pengaruh relationship maintenance yang terdiri dari relationship investment , relationship communication dan relationship management terhadap komitmen pelanggan pengguna Privilege Card DIVA Fashion Jewellery Malang Town Square. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas ( relationship maintenance ) terhadap variabel tetap (komitmen pelanggan) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji F dan uji t. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah di tetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel insidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yakni pelanggan pengguna Privilege Card DIVA ketika sedang berbelanja pada DIVA Fashion Jewellery Malang Town Square. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Untuk menganalisis data yang data yang digunakan uji regresi linear regresi berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedatisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regeresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel relationship investment (X.1), relationship communication (X.2) dan relationship management (X.3) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen pelanggan dengan signifikansi 0.000 dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,436 berarti 43.6 %. Sedangkan secara parsial relationship investment (X.1), relationship communication (X.2) dan relationship management (X.3) masing- masing berpengaruh secara positif dan signifikan, dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,047; 0,000; dan 0.001. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ketiga variabel bebas relationship investment (X.1), relationship communication (X.2) dan relationship management (X.3) secara simultan dan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen pelanggan pengguna Privilege Card DIVA Fashion Jewellery Malang Town Square.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/519/051204657
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Dec 2012 14:50
Last Modified: 20 Oct 2021 23:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106346
[thumbnail of 051204657.pdf]
Preview
Text
051204657.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item