Pengaruh Format Pesan Iklan Pre-roll Youtube Shopee Terhadap Brand Awareness Shopee

Purba, Donadei (2018) Pengaruh Format Pesan Iklan Pre-roll Youtube Shopee Terhadap Brand Awareness Shopee. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan merupakan jendela dari sebuah perusahaan, keberadaannya menghubungkan perusahaan dengan masyarakat khususnya para konsumen. Salah satu media sosial yang sering digunakan sebagai wadah beriklan adalah Youtube. Salah satu bentuk iklan di Youtube adalah pre-roll. Pre-roll merupakan iklan berbentuk video yang mendadak muncul sebelum video streaming Youtube dimulai. Dalam iklan terdapat beberapa unsur pesan salah satunya adalah format pesan. Format pesan merupakan susunan pesan yang memuat penyampaian pesan secara simbolik. Penelitian ini berfokus pada format pesan dalam iklan pre-roll Youtube Shopee yang berjudul ‘Beli Semua di Shopee│Shopee Shark Challenge’. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari format pesan dalam iklan pre-roll Shopee terhadap brand awareness Shopee sendiri. Pada penelitian ini indikator yang digunakan dalam mengukur variabel independen yaitu format pesan (X) adalah warna, suara, naskah, gerakan/movement, tipografi, dan ilustrasi gambar. Sedangkan variabel dependennya adalah brand awareness (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner online dan menggunakan teknik analisis data regresi linear sederhana. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa Suara merupakan indikator format pesan yang paling dominan dan berpengaruh terhadap brand awareness Shopee. Berdasarkan uji hipotesis secara simultan format pesan memiliki pengaruh pada brand awareness Shopee.

English Abstract

Advertising is the window of a company, its existence connects the company with the community especially consumers. One of the social media that is often used as a forum for advertisement is Youtube. One form of advertisement on Youtube is pre-roll. Pre-roll is a video-shaped ad that suddenly appears before a Youtube video stream begins. In the ad there are several elements of the message one of which is the message format. The message format is the order of messages containing symbolic message delivery. This study focuses on the message format in Youtube Shopee pre-roll advertisement entitled 'Shopee TVC: Buy All at Shopee│Shopee Shark Challenge'. The purpose of this study was to see the influence of the message format in Shopee pre-roll advertisement to Shopee brand awareness. In this study the indicators used in measuring the independent variables of the message format (X) are color, sound, script, movement, typography, and illustration of an image. While the dependent variable is brand awareness (Y). The type of research used is quantitative explanative with data collection technique through online questionnaires and using simple linear regression analysis. The result of research based on data analysis shows that Voice is the most dominant indicator of message format and influences Shopee brand awareness. Based on hypothesis testing simultaneously message format has an influence on shopee brand awareness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/215/051803615
Uncontrolled Keywords: Format Pesan, Brand Awareness, Youtube, Iklan Pre-roll, Iklan Online..
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 May 2018 02:36
Last Modified: 21 Oct 2021 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10634
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Actions (login required)

View Item View Item