Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode Camel (Studi Pada Bank Umum Pemerintah Yang Terdaftar Pada Bei)

Wikonanda, DanangHarriets (2012) Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode Camel (Studi Pada Bank Umum Pemerintah Yang Terdaftar Pada Bei). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbankan merupakan tulang punggung dalam perekonomian karena dapat berfungsi sebagai intermediary institution yaitu lembaga yang mampu menyalurkan kembali dana yang dimiliki oleh unit ekonomi yang surplus kepada unit ekonomi yang membutuhkan dana. Agar perekonomian dapat berjalan dengan lancar, maka lembaga perbankan tersebut harus berjalan dengan baik pula. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesehatan bank dengan menggunakan metode CAMEL. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian terhadap masalah yang berupa fakta-fakta saat ini dan bertujuan untuk menjawab pertanyaan berkaitan dengan current status dari subjek yang diteliti. Penelitian ini secara umum berkaitan dengan opini individu atau kelompok, kejadian, atau prosedur. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, dan menggunakan sumber data sekunder, yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui media perantara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bank umum pemerintah yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank sampel penelitian dalam kondisi tingkat kesehatan bank yang sehat. Hal tersebut berarti bank mampu mengelola manajemennya dengan baik sehingga dapat mendukung perkembangan usaha dan mampu mengantisipasi perubahan kondisi perekonomian dan industri perbankan. Dan pada akhirnya, bank dapat menjalankan fungsinya sebagai intermediary institution dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/491/051203919
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Oct 2012 09:46
Last Modified: 20 Oct 2021 23:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106316
[thumbnail of 051203919.pdf]
Preview
Text
051203919.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item