Putro, HanindyoWicaksono (2012) Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Indomaret Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan industri ritel di Kota Malang yang semakin pesat. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya perusahaan ritel yang mendirikan usahanya. Pada kelompok Minimarket, hanya terdapat 2 toko besar yaitu Indomaret dan Alfamart. Indomaret merupakan toko terbesar dengan pangsa omset sekitar 43,2% dari total omset Minimarket di Indonesia. Persaingan yang sangat ketat tentunya membuat pihak manajer perusahaan ritel saling berlomba mencari lokasi yang sangat strategis terlebih dahulu. Bahkan lokasi yang telah ditentukan mengesampingkan apakah terdapat pesaing atau tidak. Keadaan ini membuat banyak gerai-gerai Indomaret berdampingan dengan pesaingnya yaitu Alfamart. Tujuan usaha kedua ritel Minimarket ini hampir sama yaitu mendekati pelanggan dan berusaha memberikan pelayanan yang optimal. Perkembangan Indomaret yang pesat tentunya ditunjang dengan sistem waralaba yang ditawarkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Indomaret untuk memberikan gambaran secara mendetail bagaimana lokasi usaha itu mempengaruhi suatu keputusan pembelian dari informan. Data yang dikumpulkan terdiri atas keputusan pembelian berdasarkan faktor lokasi dan keputusan pembelian di Indomaret dibandingkan dengan pesaing yang berupa kata-kata dan tindakan dari informan yang diamati atau diwawancarai. Data-data tersebut dianalisis dengan cara penyederhanaan data mentah, penyusunan informasi yang terorganisir, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa, penentuan lokasi Indomaret sangat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Hal ini ditunjukkan sebagian besar pelanggan menyatakan keputusan pembelian dipengaruhi oleh jarak yang dekat antara tempat tinggal dengan lokasi Indomaret. Faktor lokasi lain yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan Indomaret dari pada pesaingnya yaitu karena infrastruktur yang baik. Hal ini ditunjukkan oleh banyak pelanggan yang mampir untuk melakukan pembelian di Indomaret baik secara dekat sekolah maupun pelanggan yang dekat dengan tempat kerja karena pelayanannya yang bagus, barang lebih lengkap, dan harga yang terjangkau.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2012/482/051203910 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 11 Oct 2012 15:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 23:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106306 |
Text
BAB_I-V_dan_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |