Pengaruh Sikap Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Semen Gresik (Study Pada Konsumen Produk Semen Gresik Di Toko Bangunan “Ud.Berkat Usaha Kec.Menganti, Gresik”)

Wijayanto, Bayu (2012) Pengaruh Sikap Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Semen Gresik (Study Pada Konsumen Produk Semen Gresik Di Toko Bangunan “Ud.Berkat Usaha Kec.Menganti, Gresik”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap minat beli konsumen produk Semen Gresik di Toko Bangunan “UD.Berkat Usaha Kec.Menganti,Gresik”,baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh yang dominan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan metode survei. Dalam penelitian ini, populasi yang diteliti adalah pelanggan atau pembeli semen gresik di toko bangunan UD.Berkat Usaha di kec.Menganti, Gresik pada bulan November 2011 sampai dengan Desember 2011. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 sampel dengan didasarkan pada kebijaksanaan peneliti. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Non Probability Sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dalam pengujian hipotesis model regresi secara simultan atau secara serentak menggunakan uji F, Fhitung hasil penghitungan lebih besar daripada Ftabel (11.259 > 3.09) juga didapatkan nilai signifikan sebesar 0.000 < α = 0.05. Dari kedua perbandingan tersebut dapat diambil keputusan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. Berdasarkan pengujian secara parsial variabel (X1) dalam penelitian ini mempunyai signifikansi < 0.05 dan thitung < ttabel (1.242 < 1.95) atau sig t > 5% (0.217 >0.05) maka secara parsial variabel sikap terhadap merek (X1) tidak berpengaruh terhadap (Y) bila variabel bebas lain tetap nilainya. Variabel sikap terhadap iklan (X2) nilai thitung sebesar 4,691 dengan probabilitas sebesar 0,000. Karena thitung>ttabel (4.691 > 1.95) atau sig t < 5% (0.000 < 0.05) maka secara parsial variabel sikap terhadap iklan (X2) berpengaruh terhadap variabel (Y) konsumen produk semen gresik. Berdasarkan analisis regresi berganda diketahui bahwa variabel sikap terhadap iklan (X2) merupakan variabel yang memiliki nilai Standardized Beta terbesar, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa diduga variabel sikap terhadap iklan (X2) berpengaruh dominan terhadap minat beli (Y) konsumen produk semen gresik terbukti kebenarannya. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara simultan antara variabel sikap terhadap merek dan sikap terhadap Iklan terhadap variabel minat beli konsumen produk semen gresik. Secara parsial variabel sikap terhadap merek tidak berpengaruh terhadap variabel minat beli,dan variabel sikap terhadap iklan berpengaruh terhadap minat beli konsumen (Y) dan variabel sikap terhadap iklan berpengaruh dominan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/479/051203907
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Oct 2012 15:06
Last Modified: 20 Oct 2021 23:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106302
[thumbnail of Bayu_Wijayanto_(0710223082).pdf]
Preview
Text
Bayu_Wijayanto_(0710223082).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item