Abstrak Determinan Kesiapan Dosen Akuntansi Dalam Menghadapi Konvergensi Ifrs Per 1 Januari 2012 (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Di Kota Malang)

Diatmika, IWayanBayu (2012) Abstrak Determinan Kesiapan Dosen Akuntansi Dalam Menghadapi Konvergensi Ifrs Per 1 Januari 2012 (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai kesiapan dosen akuntansi dalam menghadapi Konvergensi International Financial Reporting Standards (IFRS) dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan tersebut. Penelitian ini menguji pengaruh faktor: pemahaman terhadap akuntansi berbasiskan IFRS, upaya mengembangkan wawasan mandiri, keaktifan dalam organisasi bidang akuntansi dan motivasi terhadap kesiapan dosen akuntansi dalam menghadapi konvergensi IFRS. Penelitian dilakukan di sembilan Perguruan Tinggi di Kota Malang kepada 55 dosen akuntansi sebagai responden. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan mempergunakan Teknik Snowball Sampling. Pengujian dilakukan dengan mempergunakan Teknik Analisis Partial Least Squares (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Berdasarkan Analisis Deskriptif, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dosen akuntansi di Kota Malang berada dalam fase menuju kesiapan, yakni fase dimana mereka merasa siap namun belum siap sepenuhnya untuk menghadapi Konvergensi IFRS. Hasil Pengujian Kausalitas menunjukkan bahwa kesiapan dosen akuntansi menghadapi Konvergensi IFRS hanya dipengaruhi oleh faktor motivasi yang dimiliki oleh dosen tersebut yang berasal dari dirinya sendiri serta pengaruh lingkungan di sekitarnya. Faktor pemahaman akuntansi berbasiskan IFRS, upaya pengembangan wawasan mandiri dan keaktifan di organisasi bidang akuntansi tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kesiapan dosen akuntansi menghadapi Konvergensi IFRS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/469/051203897
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 10:38
Last Modified: 20 Oct 2021 05:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106291
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item