Docile Bodies Dalam Pengorganisasian Sekolah: Studi Genealogi Pada Lembaga Pendidikan Berbasis Karakter Kepemimpinan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur”

Pawestri, Wisnu Pudji (2018) Docile Bodies Dalam Pengorganisasian Sekolah: Studi Genealogi Pada Lembaga Pendidikan Berbasis Karakter Kepemimpinan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang mekanisme kuasa pengetahuan dan pendisiplinan tubuh yang berkontribusi terhadap pola pengorganisasian di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur dalam mereproduksi wacana pendidikan karakter kepemimpinan sehingga hal tersebut dapat dimaknai sebagai sebuah kebenaran. Pertautan sekolah dengan Lapetal membuat sekolah ini memiliki terminologi wacana yang berbeda dalam memahami dan memaknai wacana pendidikan karakter kepemimpinan. Sehingga hal tersebut mempengaruhi bagaimana pola pengorganisasian diimplementasikan dalam tiap periodenya. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pandangan bahwa pengetahuan dalam institusi pendidikan dikontrol, dibentuk, dan dipengaruhi oleh relasi kuasa. Sekaligus juga diharapkan dapat menjadi referensi baru dalam kajian komunikasi organisasi. Penelitian ini menggunakan teori kekuasaan-pengetahuan yang dikemukakan oleh Michel Foucault untuk menganalisis mekanisme kuasa pengetahuan dan pendisiplinan tubuh dalam sebuah pola pengorganisasian di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Genealogi Foucault yang bertujuan untuk melihat mekanisme kuasa pengetahuan dan pendisiplinan tubuh dalam institusi pendidikan. Penelitian ini menggunakan sumber data utama berupa studi arsip. Wawancara tetap dilakukan sebagai data pendukung dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi kuasa pengetahuan berkontribusi dalam mengarahkan individu bahwa wacana pendidikan karakter kepemimpinan diartikan dalam terminologi yang berbeda dari periode sebelumnya. Terminologi wacana dalam periode taruna dipahami dalam sebuah kerangka pengetahuan ketarunaan dan pendidikan semi militer sehingga hal tersebut mempengaruhi sekolah dalam mengimplementasikan pola pengorganisasian dan sejumlah aturan sekolah. Maka, untuk mempertahankan wacana tersebut, pihak sekolah dan Lapetal memberlakukan mekanisme pendisiplinan yang dilakukan dengan tiga cara, yaitu pengawasan bertingkat (panopticon), normalisasi, dan sistem ujian.

English Abstract

punish that contribute to organizing system in SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur in reproducing the leadership character education discourse so it can be interpreted as a truth. The relationship between school and Lapetal cause a difference terminology of discourse, so it have an impact with how the school define and implement the organizing system in each period. By this research, it is expected to be able to enrich the view that knowledge in education institution are controlled, formed, and affected of power relations. An also this research is expected to be a new reference in organizational communication studies. This research uses power knowledge theory that initiated by Michel Foucault to analyze mechanism of power knowledge and discipline body in a organizing system in SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. This research use Qualitative research with Genealogy Foucault approach which aims to describe mechanism of power knowledge and discipline body in education institution. This research also use archive study as the main data resource. Interviews are still conducted as supporting data by using purposive sampling technique. The result of this research shows that power knowledge relations have contribution in directing individual that leadership character education discourse is defined in different terms from the previous period. The discourse term in Taruna period is understood in a semi-military education framework so that it affects school in implementing the organizational system and school rules. Then to maintain the discourse, School and Lapetal impose mechanism of discipline that implement in three ways, that is surveillance (panopticon), normalization, and examination.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/214/051803614
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.5 School discipline and related activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 May 2018 02:31
Last Modified: 21 Oct 2021 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10629
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)

Actions (login required)

View Item View Item