Pengaruh Merek, Mutu, Kemasan, Label, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oleh-Oleh Khas Malang “Keripik Tempe Aneka Rasa Bu Noer” Di Kota Malang

Purwanto, Dwi (2012) Pengaruh Merek, Mutu, Kemasan, Label, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oleh-Oleh Khas Malang “Keripik Tempe Aneka Rasa Bu Noer” Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan home industri oleh-oleh khas Malang yang semakin meningkat, membuat permintaan akan barang yang dibutuhkan oleh konsumen yaitu wisatawan, semakin bertambah banyak baik dalam jumlah maupun jenisnya. Di Kota Malang terdapat beberapa pengelola home industri yang membuat oleh-oleh khas Malang, seperti pada “oleh-oleh khas Malang Bu Noer” di Daerah Ciliwung ini memiliki keunikan dimana lebih mengedepankan mutu dan rasa sehingga berbeda dengan penawaran produk lainnya. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh merek, mutu, kemasan, label, dan harga secara simultan, parsial, dan dominan terhadap keputusan pembelian produk oleh-oleh khas Malang “Bu Noer” di Kota Malang. Penelitian ini difokuskan pada pengelola home industri oleh-oleh khas Malang “keripik tempe Bu Noer” di Kota Malang. Sampel penelitian ini di ambil dengan teknik accidental sampling sebanyak 100 konsumen yang pernah membeli atau sedang membeli Keripik Tempe Bu Noer. Penelitian ini menggunakan metode survey yang berupa penelitian eksplanasi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul, dilakukan sortir data yang dilanjutkan dengan menganalisis menggunakan skala Likert, kemudian melakukan pengujian validitas dan reliabilitas, dan untuk mengcrosstabs statistik menggunakan alat berupa software SPSS 11,5. Dari hasil penelitian dengan langkah-langkah yang dijelaskan di atas diperoleh hasil bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F (simultan) maka dapat disimpulkan secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian, kemudian hasil analisis uji t dapat disimpulkan bahwa secara parsial mempengaruhi keputusan pembelian, dan berdasarkan hasil koefisien regresi (Standardized Coeffucients Beta) masingmasing, maka dapat diketahui variabel mutu mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk oleh-oleh khas Malang “Bu Noer” di Kota Malang. Dengan demikian, pengaruh merek, mutu, kemasan, label, dan harga secara simultan, parsial, dan dominan mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/461/051203889
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Oct 2012 11:18
Last Modified: 20 Oct 2021 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106284
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item