Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat (Studi Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasuruan)

Chaidir, Muhammad Room (2018) Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat (Studi Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi politik masyarakat di Indonesia, khususnya di Wilayah Kabupaten Pasuruan. Partisipasi politik masyarakat menjadi sangat penting karena keterlibatan masyarakat dalam kegiatan politik merupakan cara yang dapat mempengaruhi keputusan pemerintah. Dalam hal ini, partisipasi menjadi sangat penting guna mewujudkan legitimasi yang kuat. Salah satu lembaga yang berperan dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat adalah Komisi Pemilihan Umum, hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualititatif yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan, sedangkan situsnya berada di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasuruan. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari beberapa wawancara yang dilakukan dengan informan yang berkaitan, dan sumber data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Pasuruan dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat di Wilayah Kabupaten Pasuruan dilakukan melalui kegiatan sosialisasi dan pendidikan politik. Dalam melakukan kegiatan sosialisasi politik, KPU Kabupaten Pasuruan memperhatikan sasaran, materi, dan metode yang digunakan. Sedangkan dalam melakukan pendidikan politik dilakukan dengan memperhatikan sasaran, metode, dan kerjasama pendidikan politik yang dilakukan. Dalam penelitian ini, penulis menyarankan bahwa KPU Kabupaten Pasuruan harus memiliki indikator keberhasilan dan tim khusus dalam melakukan kegiatan sosialisasi dan pendidikan politik. Selain itu, KPU Kabupaten Pasuruan dapat menambah pegawai pada Sub Bagian Teknis dan Hupmas, karena sosialisasi dan pendidikan politik merupakan bidang kerjanya. Setelah melakukan sosialisasi dan pendidikan politik, KPU Kabupaten Pasuruan harus melakukan evaluasi pada pelaksanaan kegiatan tersebut.

English Abstract

This research is motivated by the lack of political participation participation of the people in Indonesia, especially in Pasuruan District. The political participations of the community is very important because the inovelvement of the community in political activities is a way that can influence the government’s decision. In this case, participation becomes very important in order to realize strong legitimacy. One of the institutions that play a role in increasing the political participation of the community is the Election Commission, it is stated in Law Number 7 Year 2017 regarding General Election. This research uses descriptive research type with qualitative approach located in Pasuruan District, while its website is in General Elections Commision of Pasuruan District. Primary data sources were obtained from interviews with related informant, while secondary data were obtained from documents relating to the reseatch topic. Data collection techniques trough interviews, observation, and documentations. While the research instrument is the researcher himself, and some supporting tools such as interview guides, dan other aids. The results of this study indicate that the role made by the General Elections Commission of Pasuruan District in increasing the political participation of the community in Pasuruan District is done through socialization and political education. In conducting socialization activities, The Election Commission in Pasuruan District observes the targets, materials, and methods used. While in doing political education is done by taking into account goals, methods, and cooperation of political education conducted. In addition, the General Election Commission of Pasuruan District can add employees to the Technical and Hupmas Sub-Section, because socialization and political education is the field of work. After conducting socialization and political education, The General Elections Commission of Pasuruan District should conduct an evaluation on the implementation of such activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/185/0518013663
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik, Sosialisasi Politik, dan Pendidikan Politik
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.6 Election systems and procedures; suffrage
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 17 May 2018 01:57
Last Modified: 26 Oct 2021 08:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10624
[thumbnail of 19. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
19. LAMPIRAN.pdf

Download (862kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item