Analisis Dinamika Transaksi dan Struktur Kekuasaan pada Underground Economy (Studi pada Komunitas Pedagang Rombengan Malam Malang)

Aprilianto, Fitrian (2012) Analisis Dinamika Transaksi dan Struktur Kekuasaan pada Underground Economy (Studi pada Komunitas Pedagang Rombengan Malam Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam konteks pencapaian manfaat maupun keuntungan yang sebesar-besarnya, munculah salah satu aktivitas ekonomi yang tidak lazim yaitu biasa disebut dengan ekonomi bawah tanah atau underground ecomomy. Fenomena keberadaan underground economy merupakan fenomena yang menarik mengingat eksistensinya. Salah satu faktor yang mendukung keberlangsungan aktivitas tersebut adalah adanya sebuah hierarki struktur kekuasaan yang menggerakan aktivitas tersebut. Salah satu praktek underground economy yang marak terjadi di Indonesia adalah keberadaan dari munculnya pasar-pasar informal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi dan struktur kekuasaan pada komunitas pedagang Roma. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi . Dengan pemdekatan fenomenologi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi pedagang di Roma disebabkan beberapa faktor, antara lain: tidak adanya pungutan pajak, tidak ada entry barriers dan sifatnya informal. Selain itu faktor lain yang mendukung adalah harga barang dapat ditawar dan terjangkau, mengupayakan kebutuhan pelanggan dengan sistem pre-order, pemberian garansi dan promosi dari mulut kemulut. Hasil penellitian juga menunjukan bahwa struktur kekuasaan yang berlaku dalam komunitas pedagang Roma bersifat informal. Dalam hal ini pemimpin di Roma adalah pedagang lama dan tukang parkir

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/412/051203084
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2012 10:01
Last Modified: 17 Oct 2012 10:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106234
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item