Analisis Efektivitas Promosi Pada D’Lounge Café & Resto MOG Malang

Kristian, Rutben (2012) Analisis Efektivitas Promosi Pada D’Lounge Café & Resto MOG Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan promosi yang sangat penting dalam memasarkan produk. Karena promosi mempunyai komponen untuk menggugah minat semua pelanggan yang menjadi target sasaran sehingga tertarik untuk melakukan pembelian produk, melalui kegiatan promosi yang digunakan dengan tepat, maka apa yang diinginkan dari kegiatan promosi yang dilakukan oleh D’Lounge Café & Resto akan tercapai. Persaingan di bidang industri makanan, khususnya café & resto ini cukup ketat sehingga pelaksanaan kegiatan promosi yang dibuat harus efektif agar mampu menguasai pasar persaingan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas promosi pada D’Lounge Café & Resto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di D’Lounge Café & Resto Malang. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan teknik snowball. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Owner D’Lounge Café & Resto, Staff Pemasaran & Supervisor, Waiters, Staff Kitchen dan Pelanggan D’Lounge Café & Resto. Data dalam penelitian diambil dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta pengumpulan data itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan promosi di D’Lounge Café & Resto selama ini belum efektif dalam menunjang penjualan produk, hal ini disebabkan media yang digunakan D’Lounge Café & Resto selama ini melalui periklanan media cetak (banner, brosur dan neon box) dan media elektronik (televisi dan radio) masih kurang variatif dan kurang menarik. Tentunya hal ini juga dikarenakan alokasi biaya untuk promosi yang masih minim. Frekuensi promosi juga masih jarang karena promosi dilakukan pada saat-saat tertentu saja. Hal ini mempengaruhi khalayak sasaran yang ditentukan, karena belum maksimal mencakup semua kalangan sasaran pengunjung/pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti perlu memberikan beberapa saran yaitu mengalokasikan biaya yang ideal guna meningkatkan alat promosi, inovasi media promosi, dan peningkatan frekuensi pelaksanaan promosi, sehingga akan mampu mencapai khalayak sasaran yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/397/051203069
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Oct 2012 13:50
Last Modified: 20 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106217
[thumbnail of BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_PENUTUP.pdf]
Preview
Text
BAB_V_PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item