Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak Etap) (Studi Kasus Pada Badan Keswadayaan Masyarakat Insan Mandiri Kelurahan

Etsapatria, Dessy (2012) Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak Etap) (Studi Kasus Pada Badan Keswadayaan Masyarakat Insan Mandiri Kelurahan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kondisi penyusunan dan penyajian laporan keuangan badan keswadayaan masyarakat yang digunakan saat ini, 2) mengetahui penyusunan dan penyajian laporan keuangan BKM Insan Mandiri yang sesuai dengan SAK ETAP, 3) mengetahui kendala bagi BKM Insan Mandiri dalam menerapkan SAK ETAP. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggambarkan fonomena atas objek yang diteliti yakni kondisi laporan keuangan BKM Insan Mandiri. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Setelah itu, fonomena atas subjek dianalisis untuk menemukan kemungkinan terjadi kesalahan kemudian memberikan saran. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa : BKM Insan Mandiri belum memiliki laporan keuangan lengkap yang sesuai dengan SAK ETAP. Laporan keuangan yang disusun hanya laporan laba rugi dan neraca yang formatnya masih belum sesuai dengan standar yang berlaku. Penyusunan dan penyajian laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP dimulai dengan mencatat transaksi mengakui unsur-unsur laporan keuangan, kemudian membuat laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas pemilik, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Kendala yang dihadapi BKM Insan Mandiri yakni sumber daya yang kurang memahami, lingkup BKM yang dinilai terlalu kecil untuk menerapkan SAK ETAP dan kurangnya peran serta dari Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dalam menerapkan standar akuntansi yang dipakai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/394/051203066
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 08:50
Last Modified: 20 Oct 2021 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106214
[thumbnail of 051203066.pdf]
Preview
Text
051203066.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item