Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) ( Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2010 )

Angelica, Anita (2012) Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) ( Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2010 ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik Good Corporate Governance (GCG) terhadap luas pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Karakteristik Good Corporate Governance (GCG) yang diuji antara lain : ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, frekuensi rapat dewan komisaris, ukuran komite audit, komite audit independen, frekuensi rapat komite audit, dan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Luas pengungkapan CSR didasarkan pada Global Reporting Initiative (GRI) yang dilihat dari laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam LQ45 di Bursa Efek Indonesia tahun 2010. Total sampel yang diuji sebanyak 39 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data yang diperoleh dengan content analysis kemudian dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, komite audit independen, frekuensi rapat komite audit, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan corporate social responsibility di Indonesia. Faktor dewan komisaris independen, frekuensi rapat dewan komisaris, dan ukuran komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/393/051203065
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 08:37
Last Modified: 20 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106213
[thumbnail of 051203065.pdf]
Preview
Text
051203065.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item