Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Berdasarkan Annual Sustainability Report (Studi Perbandingan Pada PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk)

Susanto, AndreanFachry (2012) Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Berdasarkan Annual Sustainability Report (Studi Perbandingan Pada PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pelaporan dan pengungkapan pertanggungjawaban sosial PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk tahun 2008-2010. Manfaat penelitian bagi perusahaan, penelitian ini dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja CSR perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah. Penelitian Kualitatif Deskriptif yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll, secara holistik dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Berdasarkan hasil penelitian atas pengungkapan kinerja GRI G3 Guidelines Pada Sustainability Report PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk,yang hasilnya bahwa PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk telah melakukan pengungkapan indikator kinerja kurang lengkap terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan dan kemasyarakatan. Namun demikian PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk, mengungkapkan 100% indikator kinerja di bidang hak asasi manusia, begitu indikator tambahan di bidang ekonomi,praktek tenaga kerja dan tangung jawab produk,namun kalo dilihat secara keseluruhan dari tahun 2008 sampai 2010 dapat dilihat bahwa PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk sudah cukup baik di dalam meningkatkan dan memperbaiki kualitas sustainability report-nya. Hal ini disebabkan karena setiap tahun, sejak tahun 2008-2010, terjadi penambahan jumlah indikator kinerja yang diungkapkan. Sehingga para stakeholders PT Bakrie Sumatera Plantations Tbkdapat melihat dan mengevaluasi pelaksanaan tanggung jawab sosial di segala bidang serta dengan Adanya peningkatan pengungkapan kinerja GRI Pada Sustainability Report PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk menunjukkan adanya peningkatan atas kepedulian perusahaan kepada kondisi masyarakat,karyawan dan lingkungan di sekitar perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/390/051203062
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2012 10:50
Last Modified: 20 Oct 2021 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106210
[thumbnail of 051203062.pdf]
Preview
Text
051203062.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item