Analisis Sistem Pengendalian Internal Pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Malang (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset (DPPKA) Pemerintah Kabupaten Malang)

Silvyani, Nindya (2012) Analisis Sistem Pengendalian Internal Pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Malang (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset (DPPKA) Pemerintah Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendapatan Asli daerah merupakan salah satu penerimaan daerah yang mencerminkan tingkat kemandirian daerah. Karena semakin besar pendapatan asli daerah, maka menunjukkan bahwa daerah tersebut mampu melaksanakan desentralisasi fiscal dan ketergantungan terhadap pemerintah pusat menjadi berkurang. Komponen Pendapatan Asli Daerah yang memegang peranan paling utama adalah pajak daerah dimana memberikan kontribusi pendapatan paling besar. Untuk itu diperlukan adanya suatu sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian intern yang baik mengenai pendapatan asli daerah khususnya pada sektor pajak daerah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini bersifat menjelaskan mengenai situasi keadaan yang terjadi, mengevaluasinya dan memberikan alternative solusi terhadap permasalah yang muncul. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Malang. Batasan penelitian ini hanya kepada penelusuran sistem pengendalian internal serta siklus pendapatan asli daerah khususnya pada sektor pajak daerah. Berdasarkan hasil analisis, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset sudah memiliki sistem pengendalian internal pendapatan yang baik. Namun terdapat beberapa permasalahan yaitu tidak adanya kebijakan instansi mengenai kepegawaian secara tertulis, dan saat ini Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kab. Malang sedang dalam proses transisi pergantian sistem informasi akuntansi. Permasalahan tersebut perlu diperbaiki dengan membuat kebijakan mengenai kepegawaian secara tertulis, dan mengadakan pelatihan mengenai pelaksanaan sistem informasi yang baru agar staff dalam melakukan pekerjaannya lebih terlatih sehingga sistem yang baru ini akan lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/387/051203059
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2012 10:44
Last Modified: 20 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106206
[thumbnail of Skripsi_Bab_1-5.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Bab_1-5.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item