Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, Rasio Beban Operasional, Rasio Kewajiban Bersih Call Money Terhadap Return On Asset (Studi Pada 26 Bank Pembangunan Daerah Di Indonesia)

Dewi, NaftaliNurvita (2012) Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, Rasio Beban Operasional, Rasio Kewajiban Bersih Call Money Terhadap Return On Asset (Studi Pada 26 Bank Pembangunan Daerah Di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk menilai kinerja perbankan, ada 3 analisis rasio yang digunakan yaitu analisis rasio likuiditas, analisis rasio rentabilitas, dan analisis rasio solvabilitas. Penelitian ini menggunakan rasio CAR dari aspek solvabilitas, rasio LDR dan NCM dari aspek likuiditas, dan rasio BOPO dari aspek rentabilitas. Sedangkan ukuran profitabilitas/kinerja menggunakan ROA. Dipilihnya Return on Asset (ROA) sebagai ukuran kinerja adalah karena ROA digunakan untuk mengukur efektifitas perusahaan didalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan aktiva yang dimilikinya. Sampel dalam penelitian ini adalah Bank Pembangunan Daerah di Indonesia yang berjumlah 26 Bank. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan CAR, LDR, BOPO, NCM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ROA. Penelitian secara parsial menunjukkan bahwa CAR dan NCM tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ROA, sedangkan LDR dan BOPO berpengaruh secara signifikan terhadap ROA. Untuk variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap ROA adalah BOPO, dimana semakin tinggi BOPO maka akan menurunkan ROA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/385/051203057
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Oct 2012 10:26
Last Modified: 20 Oct 2021 03:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106204
[thumbnail of SKRIPSI_NAFTALI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NAFTALI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item