Pengukuran Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Right Issue (Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Selain Perbankan Dan Lembaga Keuangan)

Wahyudi, DenyEko (2012) Pengukuran Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Right Issue (Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Selain Perbankan Dan Lembaga Keuangan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang pada peneltitian ini bertujuan mengetahui dan menguji perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah Right Issue pada perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang melakukan kebijakan Right Issue pada tahun 2007 sampai dengan 2008 selain perbankan dan lembaga keuangan. Tujuan dari penelitian ini didasarkan pada dampak dari dilakukannya kebijakan Right Issue oleh perusahaan. Karena dengan dilakukannya Right Issue diharapkan adanya perubahan positif dari kinerja keuangan perusahaan sendiri. Sehingga perlu ditelusuri apakah benar-benar terdapat perubahan positif yang signifikan yang pada kinerja keuangan perusahaan sesudah kebijakan Right Issue dilakukan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu berusaha untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu. Fenomena disajikan secara apa adanya hasil penelitiannya diuraikan secara jelas dan gamblang tanpa manipulasi oleh karena itu penelitian ini tidak adanya suatu hipotesis tetapi adalah pertanyaan penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk laporan keuangan yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) pada periode 2 tahun sebelum dan sesudah dilakukannya Right Issue pada tahun 2007-2008. Penelitian ini menggunakan sampel 29 perusahaan di Bursa Efek Indonesia, dimana metode yang digunakan adalah metode sampel jenuh atau sensus yaitu metode di mana semua anggota populasi dijadikan sampel.Variabel dalam penelitian ini adalah Right Issue, serta 5 rasio keuangan yaitu Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover Ratio, Return On Equity, dan Price Earning Ratio. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Uji T Sampel Berpasangan (Paired-Samples T Test) untuk data yang berdistribusi normal serta Uji Tanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Ranks Test) untuk data yang tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil dari uji normalitas, tidak terdapat rasio yang berdistribusi normal dalam penelitian ini, oleh karena itu Uji T Sampel Berpasangan tidak dapat dilakukan. Dari hasil Wilcoxon Signed Ranks Test, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel Current Ratio dan Debt to Equity Ratio antara sebelum dengan sesudah dilakukannya Right Issue. Sedangkan untuk Total Assets Turnover Ratio, Return On Equity, dan Price Earning Ratio tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dengan sesudah dilakukannya Right Issue. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa Right Issue tidak terlalu memiliki dampak atau pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Walaupun terdapat perubahan yang signifikan pada 2 rasio yang digunakan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/383/051203055
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Oct 2012 10:20
Last Modified: 20 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106202
[thumbnail of BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf]
Preview
Text
BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB_III_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_HASIL_PENELITIAN_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_HASIL_PENELITIAN_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf]
Preview
Text
BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item