Audit Manajemen Sebagai Sarana Mengukur Efektivitas Fungsi Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kota Blitar)

Prayitno, SofyanFrisnantoAkbar (2012) Audit Manajemen Sebagai Sarana Mengukur Efektivitas Fungsi Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen sumber daya manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam perusahaan. Dengan pengelolaan sumber daya manusia yang tepat, akan menunjukkan bagaimana perusahaan bisa mendapatkan, mengembangkan dan mengevaluasi tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan guna mencapai tujuan perusahaan. Suatu audit atas fungsi sumber daya manusia dapat membantu manajer mengidentifikasi penyimpangan antara kondisi aktual dengan kondisi yang diinginkan dan juga sebagai suatu alat atau instrumen untuk perbaikan perusahaan. Dalam hal ini peneliti mencoba mengungkap efektivitas fungsi sumber daya manusia pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) tbk Kantor Cabang Kota Blitar dengan menggunakan audit manajemen sebagai instrumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara fakta aktual yang terjadi dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan (criteria). Sehingga didapatilah penyebab (causes) dan juga dampaknya bagi perusahaan (effect). Berdasarkan fakta, criteria, causes, dan effect yang terjadi, maka peneliti dapat memberikan rekomendasi pada perusahaan sebagai masukan untuk perbaikan dan orientasi ke masa depan. Hasil dari penelitian ini, peneliti berpendapat bahwa fungsi sumber daya manusia pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) tbk Kantor Cabang Kota Blitar telah dilakukan secara efektif, karena manajemen telah melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan job description dan tidak ditemukan adanya kegiatan pegawai yang merugikan perusahaan. Akan tetapi harus tetap dilakukan peningkatan kinerja dan pengevaluasian terhadap fungsi sumber daya manusia, sehingga pada masa yang akan datang menjadi lebih baik lagi bila dibandingkan dengan keadaan saat ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/334/051203090
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 13:24
Last Modified: 20 Oct 2021 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106155
[thumbnail of SKRIPSI_JADI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_JADI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item