Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas ( Studi Kasus Pada Kpp Pratama Malang Utara)

Husniah, Hidayatu (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas ( Studi Kasus Pada Kpp Pratama Malang Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman akan peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, dan pelayanan yang berkualitas terhadap kemauan membayar pajak. Sikap wajib pajak yang cenderung menganggap bahwa pajak merupakan pengeluaran yang sia-sia, ini juga merupakan salah satu faktor yang menghambat dan mengurangi kesadaran para wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Data yang digunakan adalah data primer pada periode 2011. Peneliti menggunakan purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 100 responden. Data penelitian kemudian diuji dengan regresi linier berganda menggunakan aplikasi program SPSS 16 untuk menguji kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman akan peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, dan pelayanan yang berkualitas terhadap kemauan membayar pajak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap wajib pajak terhadap kesadaran dalam membayar pajak dan pengetahuan dan pemahaman akan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sikap wajib pajak terhadap persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan dan pelayanan yang berkualitas berpengaruh tidak signifikan terhadap kemauan membayar pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/333/051203089
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 11:56
Last Modified: 20 Oct 2021 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106154
[thumbnail of 051203089.pdf]
Preview
Text
051203089.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item