Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Alat Pengendalian Internal Dalam Prosedur Penjualan (Studi Kasus Pada Cv. Hc Putra, Kota Batu)

Irawan, Ronny (2012) Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Alat Pengendalian Internal Dalam Prosedur Penjualan (Studi Kasus Pada Cv. Hc Putra, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan sistem informasi akuntansi sebagai alat pengendalian internal dalam prosedur penjualan, dimana peran sistem informasi akuntansi berguna untuk menghindari adanya kemungkinan terjadi kecurangan dalam prosedurnya. Unit organisasi yang terkait dalam prosedur penjualan antar lain: pelanggan, bagian gudang, bagian pemanenan, bagian administrasi, bagian keuangan, dan pemilik perusahaan. Fokus penelitian ini adalah pada sistem informasi akuntansi prosedur penjualan pada CV. HC Putra dalam menjalankan pengendalian internalnya sehingga menghasilkan informasi yang tepat waktu dan tepat sasaran, yang meliputi: struktur organisasi perusahaan, prosedur penjualan, dokumen-dokumen, formulir formulir yang digunakan serta unsur-unsur pengendalian internal perusahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu memberikan gambaran terhadap suatu masalah serta menghimpun fakta-fakta yang berkaitan dengan sistem informasi akuntansi sebagai alat pengendalian internal dalam prosedur penjualan, kemudian data yang telah diperoleh diolah untuk memecahkan masalah. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pelaksanaan pengendalian internal dalam prosedur penjualan pada CV. HC Putra dapat dikatakan cukup baik. Dan untuk dapat dikatakan baik di dalam prosedur penjualan dan pengendalian internalnya, maka CV HC Putra harus menambahkan bagian – bagian seperti manajer penjualan, bagian akuntansi, dan bagian pengawasan di dalam struktur organisasinya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/324/051203017
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2012 11:31
Last Modified: 20 Oct 2021 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106144
[thumbnail of !!!SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
!!!SKRIPSI_FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item