Penentuan Tingkat Kesehatan Bank Umum Dengan Metode Risk-Based Bank Rating (Studi Kasus Pada Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Sa`diyah, YuristaAfrianti (2012) Penentuan Tingkat Kesehatan Bank Umum Dengan Metode Risk-Based Bank Rating (Studi Kasus Pada Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank pada tahun 2011 dengan metode risk-based bank rating (RBBR) sebagai tolak ukurnya. Metode ini terdiri dari 4 faktor, yaitu profil risiko, good corporate governance (GCG), rentabilitas, dan permodalan. Dari keempat faktor tersebut diharapkan dapat memberikan informasi tentang permasalahan maupun sebab dari bank-bank masuk dalam kategori sehat atau tidak sehat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi bank sebagai tolak ukur keberhasilan suatu bank dalam mempertahankan kondisi kesehatannya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana metode RBBR dapat digunakan sebagai alat analisis dalam menentukan status tingkat kesehatan bank dan mengetahui perbandingan antara bank yang masuk kategori sehat dan tidak sehat. Populasi dalam penelitian ini adalah bank-bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak 30 bank. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yang berarti sampel yang digunakan sama dengan populasi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode RBBR menunjukkan bahwa terdapat 25 bank yang sehat dan 5 bank yang tidak sehat dari total 30 bank yang diteliti. Kelima bank yang masuk kategori tidak sehat ini disebabkan karena rasio ROA yang bernilai negatif dan di bawah 0,5% dan juga karena tidak memenuhi kriteria faktor profil risiko. Selain itu juga karena pengaruh Profil Risiko yang menyebabkan kinerja bank menurun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/311/051203004
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2012 16:00
Last Modified: 10 Oct 2012 16:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106131
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item