Pengaruh Atmosfir Toko (Store Atmosphere) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Gramedia Malang Town Square)

Affandi, Rakhmat (2012) Pengaruh Atmosfir Toko (Store Atmosphere) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Gramedia Malang Town Square). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era globalisasi dunia saat ini, pendidikan menghadapi berbagai tantangan dalam menghadapi perubahan, yaitu dengan adanya tuntutan masyarakat dalam memperoleh fasilitas penunjang pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Berkaitan dengan fasilitas penunjang pendidikan, dapat dikatakan bahwa saat ini toko buku cukup banyak mendapat sorotan. Untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan, setiap toko buku dituntut untuk mengembangkan usaha pemasaran yang inovatif pada bisnis ecerannya guna menarik para konsumen untuk mengunjungi tokonya, setelah itu konsumen diharapkan melakukan pembelian. Dengan demikian untuk dapat menarik konsumen agar melakukan pembelian, salah satunya dapat dilakukan dengan kreatifitas penciptaan suasana (Atmosphere) yang menyenangkan dan menarik di dalam toko Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh atmosfir toko terhadap keputusan pembelian konsumen di Gramedia Malang Town Square, baik secara simultan, secara parsial, maupun secara dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabelvariabel melalui pengujian hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 120 responden dari konsumen Gramedia Malang Town Square dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F, uji t, dan uji dominan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel atmosfir toko secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Gramedia Malang Town Square. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel atmosfir toko secara parsial memiliki tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di Gramedia Malang Town Square. Hasil uji dominan menunjukkan faktor ambien paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Gramedia Malang Town Square.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/3/051200218
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Apr 2012 09:52
Last Modified: 11 Apr 2012 09:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106120
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item