Pengaruh Grup Referensi (Reference Group) Dan Keluarg (Family) Terhadap Keputusan Orang Tua Dalam Memilih Sekolah Dasar Pada Sdn Kauman 1 Malang

Khusniyah (2012) Pengaruh Grup Referensi (Reference Group) Dan Keluarg (Family) Terhadap Keputusan Orang Tua Dalam Memilih Sekolah Dasar Pada Sdn Kauman 1 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh grup referensi (reference group) dan keluarga (family) terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah dasar pada SDN Kauman 1 Malang. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu grup referensi/reference group (X1) dan keluarga/family (X2). Sedangkan variabel dependennya yaitu keputusan orang tua dalam memilih sekolah dasar pada SDN Kauman 1 Malang (Y). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research dengan sampel sebanyak 60 responden menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows. Sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa, secara simultan variabel grup referensi dan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan orang tua dengan signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan secara parsial, variabel grup referensi dan keluarga memiliki pegaruh yang signifikan dengan signifikansi masing-masing sebesar 0,007 dan 0,000. Dari kedua variabel bebas tersebut, diketahui bahwa variabel keluarga (X2) memiliki pengaruh dominan sebesar 0,548 terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah dasar pada SDN Kauman 1 Malang. Nilai Adjusted R Square diperoleh hasil sebesar 0.629 artinya variabel grup referensi dan keluarga mampu menjelaskan variasi perubahan variabel keputusan orang tua dalam memilih sekolah dasar pada SDN Kauman 1 Malang sebesar 62.9%, sedangkan sisanya sebesar 37.1% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil ini menunjukkan bahwa kedua variabel bebas telah memiliki daya penjelas yang cukup tinggi karena menghasilkan nilai koefisien determinasi lebih besar dari 50%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kedua variabel bebas yaitu grup referensi (X1) dan keluarga (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah dasar pada SDN Kauman 1 Malang (Y) baik secara simultan maupun parsial dan variabel keluarga (X2) merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah dasar pada SDN Kauman 1 Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/298/051202991
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Oct 2012 14:47
Last Modified: 19 Oct 2021 15:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106118
[thumbnail of BAB_II_revisi_3.pdf]
Preview
Text
BAB_II_revisi_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_revisi_1.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_revisi_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_revisi_3.pdf]
Preview
Text
BAB_I_revisi_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_revisi_3.pdf]
Preview
Text
BAB_III_revisi_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item