Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Studi Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Magetan)

R, AprilliaRizkiPutri (2012) Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Studi Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Magetan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penilaian kinerja merupakan salah satu kegiatan bidang sumber daya manusia yang bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai selama satu tahun. Pada instansi pemerintah menggunakan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3). Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan adalah suatu daftar yang memuat hasil Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan seorang Pegawai Negeri Sipil dalam jangka waktu 1 (satu) tahun yang dibuat oleh Pejabat Penilai (Pasal 1 PP Nomor 10 th 1979). Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Magetan, menggunakan pedoman tersebut sesuai dengan peraturan yang telah dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabelvariabel penilaian kinerja (aspek-aspek yang dinilai, penilai, metode penilaian, dan umpan balik) berpengaruh simultan dan parsial, serta variabel yang dominan terhadap kepuasan kerja pegawai. Dengan menggunakan penelitian sensus, dimana seratus pegawai merupakan responden, maka diperoleh hasil bahwa variabel-variabel penilaian kinerja (aspek-aspek yang dinilai, penilai, metode penilaian, dan umpan balik) berpengaruh simultan (Fhitung = 21,799 > Ftabel = 2,467) dan parsial secara signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, dan variabel dominan yang berpengaruh adalah variabel penilai. Hal ini berarti bahwa pada pegawai DPPKAD sudah merasa puas dengan penilai mereka, karena pengawasan dan perhatian yang ditunjukkan oleh atasan kepada bawahan secara objektif, membuat pegawai merasa dihargai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/292/051202320
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2012 10:33
Last Modified: 19 Oct 2021 15:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106112
[thumbnail of 051202320.pdf]
Preview
Text
051202320.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item