Pengaruh Pendanaan Dari Hutang Dan Pendanaan Dari Modal Terhadap Return Saham Pada Sahamsaham Dalam Indeks Lq45 Di Bursa Efek Indonesia

Efriyanto, AriefCahya (2012) Pengaruh Pendanaan Dari Hutang Dan Pendanaan Dari Modal Terhadap Return Saham Pada Sahamsaham Dalam Indeks Lq45 Di Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendanaan dari hutang yang diukur dengan LDAR dan pendanaan dari modal yang diukur dengan EAR terhadap return saham. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan perusahaan-perusahaan yang masuk dalam indeks LQ45 pada akhir tahun 2011 sebagai populasi. Periode penelitian selama 2 tahun (2009- 2010) dengan data laporan keuangan yang telah diaudit. Pemilihan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 38 perusahaan sebagai sampel, karena perusahaan-perusahaan tersebut telah terdaftar di BEI sejak 2008. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji pengaruh pendanaan dari hutang dan pendanaan dari modal terhadap return saham.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan pendanaan dari hutang yang diukur dengan LDAR berkorelasi negative dan signifikan terhadap return saham. Dan hubungan antara pendanaan dari modal yang diukur dengan EAR dengan return saham berkorelasi positif tapi tidak signifikan. Pengaruh pendanaan dari hutang terhadap return saham lebih besar daripada pengaruh pendanaan dari modal terhadap return saham, meskipun pengaruhnya negatif. Hal ini mengindikasikan bahwa investor lebih mempertimbangkan informasi tentang leverage keuangan perusahaan untuk berinvestasi pada saham-saham LQ45 di pasar modal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/281/051202297
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 13:56
Last Modified: 19 Oct 2021 15:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106100
[thumbnail of CHAPTER_II.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_III.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_Iv.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_Iv.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_v.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_v.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_I.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_I.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item