Masalah Pelafalan pada Mahasiswa Semester Empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya dalam Melafalkan Bunyi /G/

Adeline, Febby Dwi (2017) Masalah Pelafalan pada Mahasiswa Semester Empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya dalam Melafalkan Bunyi /G/. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelafalan merupakan elemen penting dalam mempelajari Bahasa Inggris. Namun, mahasiswa mengalami kesulitan dalam melafalkan kata dalam Bahasa Inggris karena bahasa sehari-hari mereka adalah Bahasa Indonesia. Masalah umumnya mungkin dikarenakan perbedaan sistem bunyi antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, khususnya pada produksi bunyi /g/. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level pelafalan mahasiswa dalam melafalkan bunyi /g/ dan masalah yang mungkin mereka hadapi. Singkatnya, penelitian ini mendasar pada dua permasalahan: (1) seberapa baik mahasiswa semester empat dapat melafalkan bunyi /g/ dan (2) masalah apa yang mereka hadapi dalam melafalkan bunyi /g/. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif meliputi triangulasi data yang melibatkan dua puluh lima mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Instrumen penelitian diadaptasi dan diadopsi dari Dewi (2009) dan dikembangkan oleh peneliti sendiri. Instrumen penelitian mencakup tes pelafalan, perekam, rubrik penilaian, dan kuisioner. Analisis data dilakukan secara statistik dan deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) sebagian besar kemampuan mahasiswa semester empat dalam pelafalan bunyi /g/ adalah baik (81.5%) dengan rincian: unggul dalam pelafalan bunyi sunyi /g/ sebelum /n/ di akhir kata, bunyi sunyi /g/ sebelum /n/ dalam suku kata yang sama, dan bunyi halus /g/; baik dalam pelafalan bunyi sunyi /g/ sebelum /n/ di awal kata dan bunyi keras /g/; rata-rata dalam pelafalan bunyi perkecualian; dan buruk dalam pelafalan bunyi sunyi /g/ sebelum /m/ dalam suku kata yang sama dan kata yang mengandung bunyi /gh/ (2) masalah yang dihadapi mahasiswa dalam melafalkan bunyi /g/ adalah perbedaan sistem bunyi diantara bahasa asal dan bahasa asing, serta motivasi mahasiswa dalam pelafalan bunyi /g/ yang benar (seperti mengecek pelafalan atau transkripsi fonem di kamus).

English Abstract

Pronunciation is essential in delivering speech. However pronouncing English word is difficult since the students speak Indonesian as their native language. The common problems might be caused by the differences between sound systems of the languages, especially in /g/ sound. This study aim to find how well the students’ mastery in pronouncing /g/ sound and common problems faced by them. This study highlighting two research problems; (1) how well the fourth semester students do in pronouncing /g/ sound and (2) what problems are faced by them in pronouncing /g/ sound. It is a descriptive qualitative study using triangulation data involving twenty five students of fourth semester students of English Language Education Program Faculty of Cultural Studies Universitas Brawijaya. The instruments were adapted and adopted from Dewi (2009) and developed by the researcher. The instruments are pronunciation test, recorder, assessment rubric, and questionnaire. Data analysis were done statistically and descriptively. The result of this study were (1) mostly the students’ mastery in pronouncing /g/ sound in all positions are good (81.5%) with the following details; excellent (pronouncing silent /g/ before /n/ at the end of a word, silent /g/ before /n/ in the same syllable, soft /g/ sound); good (pronouncing silent /g/ before /n/ at the beginning of a word and hard /g/ sound); average (pronouncing the exception); and poor (pronouncing silent /g/ before /m/ in the same syllable and words with /gh/ sound), (2) problems faced by the fourth semester students are the differences of sound systems between their native language and their foreign language and students’ motivation in pronouncing /g/ sound correctly (such as checking pronunciation or phonetic transcription in dictionary).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/464/051706191
Uncontrolled Keywords: pronunciation, pronunciation problems, the fourth semester students
Subjects: 400 Language > 414 Phonology and phonetics of standard forms of languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Aug 2017 02:31
Last Modified: 02 Oct 2020 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1061
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item