Sistem Pengendalian Internal Atas Siklus Pendapatan Pada Perusahaan Dagang (Studi Kasus Pada PT. Murni Anugrah Mandiri Subdistributor Malang).

Ma`ruf, Ja`far (2012) Sistem Pengendalian Internal Atas Siklus Pendapatan Pada Perusahaan Dagang (Studi Kasus Pada PT. Murni Anugrah Mandiri Subdistributor Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki sistem pengendalian internal atas siklus pendapatan yang terdapat pada PT. Murni Anugrah Mandiri (MAM) guna menghadapi risiko-risiko yang sedang dan akan dihadapi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan termasuk ke dalam penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memperoleh informasi keadaaan saat ini dan mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis dari data. PT. Murni Anugrah Mandiri (MAM) merupakan sebuah perusahaan dagang yang mendistribusikan produk dari PT. Aneka IndoMakmur (AIM). Dalam pelaksanaannya PT. Murni Anugrah Mandiri (MAM) menerapkan sistem pengendalian internal pada setiap operasional perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian sistem pengendalian internal atas siklus pendapatan terdiri dari prosedur-prosedur, dokumen, dan kebijakan. Berdasarkan pendekatan Committee Of Sponsoring Organizations (COSO) penulis melakukan analisis terhadap sistem pengendalian internal. Strukur pengendalian internal berdasarkan Committee Of Sponsoring Organizations (COSO) terdiri dari 5 bagian yaitu, lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pengawasan atau monitoring . Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa analisis lingkungan pengendalian meliputi integritas dan nilai etika, filosofi dan gaya operasional manajemen, struktur organisasional, dan kebijakan dan praktik-praktik dalam sumber daya manusia. Analisis penilaian risiko menjelaskan kebijakan dan langkah yang diambil perusahaan dalam meminimalisir risiko, meliputi perubahan dalam lingkungan operasi perusahaan, karyawan baru, sistem informasi yang senantiasa diperbaiki, dan perubahan yang pesat. Analisis aktivitas pengendalian antara lain menganalisis bagian-bagian, prosedur-prosedur, dan dokumen-dokumen yang terkait dalam siklus pendapatan. Sistem komunikasi dalam bentuk laporan sesuai dengan kegiatannya masing-masing sehingga menciptakan informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan. Pengawasan terhadap sistem pengendalian internal atas siklus pendapatan dilakukan oleh supervisor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/28/051200349
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Apr 2012 11:46
Last Modified: 19 Oct 2021 15:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106098
[thumbnail of 051200349.pdf]
Preview
Text
051200349.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item