Analisis Pengaruh Roa (Return On Assets), Roe (Return On Equity), Npm (Net Profit Margin), Eps (Earning Per Share), Dan Per (Price Earning Ratio) Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan Yang Terdaft

Listiyowati,FitriPurbasari (2012) Analisis Pengaruh Roa (Return On Assets), Roe (Return On Equity), Npm (Net Profit Margin), Eps (Earning Per Share), Dan Per (Price Earning Ratio) Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan Yang Terdaft. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan yang diwakili oleh ROA, ROE, NPM, EPS, dan PER terhadap harga saham perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen (ROA, ROE, NPM, EPS, dan PER) terhadap variabel dependen (harga saham). Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif, metode deskriptif adalah metode yang digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya bertujuan untuk mengetahui secara sistematik penelitian yang dilakukan dan memeriksa sebab-sebab gejala tertentu. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 21 perusahaan perbankan dari jumlah populasi 28 perusahaan perbankan. Uji yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji asumsi klasik yang terdiri dari, uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas. Dalam pengujian regresi linear berganda menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen, ROA (X1), ROE (X2), NPM (X3), EPS (X4), dan PER (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi Adjusted R2 sebesar 0,599 (59,9%). Sedangkan, secara parsial variabel NPM, EPS, dan PER menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,016, 0,000, 0,002. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap harga saham yaitu variabel EPS dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0,597. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kelima variabel bebas yaitu ROA, ROE, NPM, EPS, dan PER secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perusahaan perbankan, namun tidak secara parsial. Hanya variabel NPM, EPS, dan PER yang berpengaruh secara parsial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/255/051202067
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jun 2012 11:54
Last Modified: 19 Oct 2021 14:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106076
[thumbnail of 051202067.pdf]
Preview
Text
051202067.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item