Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Kepatuhan Kepada Etika Profesi Akuntan Publik Terhadap Kualitas Audit(Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Malang Dan Surabaya)

Akbarsyah,ViprasAji (2012) Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Kepatuhan Kepada Etika Profesi Akuntan Publik Terhadap Kualitas Audit(Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Malang Dan Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuntan publik merupakan suatu profesi yang sangat membutuhkan kredibilitas dan kepatuhan kepada etika profesi. Hal ini disebabkan auditor sangat rentan di pengaruhi oleh tekanan dari klien yang diaudit. Jika seorang auditor dapat mempertahankan kredibilitas dan kepatuhan terhadap etika profesi, maka auditor tersebut dapat disebut auditor yang independen. Apabila auditor tersebut tidak mampu menahan diri atas tekanan klien baik dari sisi emosional, keuangan, maupun personal, maka tingkat independensi auditor tersebut diragukan dan hal tersebut berdampak pada kualitas audit yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi, independensi, dan kepatuhan kepada etika profesi terhadap kualitas audit yang dilakukan oleh auditor. Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 responden, Responden yang terdiri dari para auditor yang terdapat pada 12 KAP yang terdapat di Malang dan Surabaya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kompetensi, independensi, dan kepatuhan kepada etika profesi memiliki pengaruh terhadap kualitas audit. Ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas audit. Hal tersebut terjadi karena ketiga variabel tersebut merupakan komponen pokok yang harus dimiliki oleh seorang auditor agar memperoleh hasil audit yang berkualitas dan sesuai dengan standar-standar yang berlaku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/250/051202062
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2012 13:18
Last Modified: 19 Oct 2021 14:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106071
[thumbnail of 051202062.pdf]
Preview
Text
051202062.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item