Analisis Lingkungan Dalam Penetapan Strategi Perbankan (Studi Kasus Di Pt.Bank Tabungan Negara Cabang Malang)

Christyanawati (2012) Analisis Lingkungan Dalam Penetapan Strategi Perbankan (Studi Kasus Di Pt.Bank Tabungan Negara Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal dan kondisi eksternal yang dihadapi oleh PT. Bank Tabungan Negara Cabang Malang serta menentukan alternatif strategi yang tepat bagi perusahaan. Kondisi internal perusahaan meliputi kekuatan dan kelemahan. Sedangkan kondisi eksternal perusahaan meliputi peluang dan ancaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Data primer dan sekunder diolah untuk mengumpulkan informasi mengenai kekuatan dan kelemahan, serta ancaman dan peluang dari PT. Bank Tabungan Negara Cabang Malang. Faktor dari kondisi internal dalam penelitian ini meliputi Sumber Daya Manusia, Produksi dan Operasional Perusahaan, Pemasaran, Pelayanan, dan Teknologi yang Digunakan. Sedangkan faktor dari kondisi eksternal meliputi Ekonomi, Demografi, Sosial Budaya, Politik dan Pemerintahan, dan Persaingan Antar Industri. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari studi pustaka, observasi, wawancara dengan sumber data yang diteliti, dan dokumentasi. Informasi yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan alat analisis berupa Matriks ETOP, Matriks SAP, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Berdasarkan hasil diagram analisis SWOT yang diperoleh dari analisis ETOP dan analisis SAP dapat diketahui bahwa posisi PT. Bank Tabungan Negara Cabang Malang berada pada kuadran I dengan kekuatan internal perusahaan sebesar 1,861 (dari matriks SAP) dan mempunyai peluang pada lingkungan eksternal sebesar 0,662 (dari matriks ETOP). Strategi yang dapat dipilih perusahaan adalah Strategi yang Agresif. Alternatif strategi yang dapat menjadi pilihan pada kuadran tersebut antara lain Strategi market penetration, market development, product development, backward integration, forward integration, horizontal integration, conglomerate diversification, concentric diversification, horizontal diversification, atau strategi combination . Berdasarkan pembahasan yang dilakukan lebih mendalam, strategi yang mungkin diterapkan adalah market penetration dan product development. Setelah dievaluasi peluang terbesar dari setiap strategi tersebut pada matriks QSPM maka strategi yang dapat dilakukan adalah product development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/239/051202090
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jun 2012 15:09
Last Modified: 19 Oct 2021 14:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106058
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstraksi.pdf]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of kata_pengantar.pdf]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lembar_pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item