Pengaruh Respon Lingkungan Belanja, Emosi Positif, Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana Di Hypermart Malang Town Square

Putra,PutuBiliMustika (2012) Pengaruh Respon Lingkungan Belanja, Emosi Positif, Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana Di Hypermart Malang Town Square. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola hubungan dengan mengetahui pengaruh langsung respon lingkungan belanja, emosi positif, dan hedonic shopping value terhadap keputusan pembelian tidak terencana di Hypermart Malang Town Square . Penelitian eksplanatori ini disajikan secara deskriptif mengacu pada teori yang ada. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (respon lingkungan belanja, emosi positif, dan hedonic shopping value ) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian tidak terencana) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji f. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 konsumen dari Hypermart Malang Town Square . Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling , disebut juga judgement sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolonearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa secara simultan variabel respon lingkungan belanja (X1), emosi positif (X2), dan Hedonic Shopping Value (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana (Y) dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,606 (60,6%). Sedangkan secara parsial, variabel respon lingkungan belanja, emosi positif, dan hedonic shopping value menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana dengan signifikansi dari masing-masing variabel sebesar 0,446, -0,342, dan 0,679. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian tidak terencana yaitu variabel hedonic shopping value (X3) dengan standardized coefficients beta sebesar 0,679.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/234/051202086
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jun 2012 14:36
Last Modified: 19 Oct 2021 14:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106053
[thumbnail of 11._Daftar_Pustaka.pdf] Text
11._Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 5._Abstrak.pdf] Text
5._Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 1._Cover.pdf] Text
1._Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 3._Kata_Pengantar.pdf] Text
3._Kata_Pengantar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 4._Daftar_Isi.pdf] Text
4._Daftar_Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item