Analisis Sistem Pengendalian Internal Untuk Pemberian Dan Pelunasan Kredit Konsumtif (Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah (Pd) Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Bank Daerah Kabupaten Kediri – Jawa Timur)

Wardani,RiskaKurnia (2012) Analisis Sistem Pengendalian Internal Untuk Pemberian Dan Pelunasan Kredit Konsumtif (Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah (Pd) Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Bank Daerah Kabupaten Kediri – Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kredit konsumtif merupakan kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk keperluan konsumsi berupa barang atau jasa dengan cara membeli, menyewa atau dengan cara lain . Tujuan pemberian kredit konsumtif adalah untuk membantu para karyawan yang memiliki gaji tetap untuk mendapatkan kredit dengan tujuan yang tidak terbatas sepanjang tidak melanggar peraturan. Salah satu bank penyalur kredit konsumtif adalah PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Kediri – Jawa Timur. Kredit konsumtif juga mempunyai risiko yaitu risiko kredit macet. Untuk menghindari adanya risiko kredit macet, perlu suatu sistem dan prosedur yang baik dalam pemberian kredit hingga pelunasan kredit. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis pengendalian internal untuk pemberian dan pelunasan kredit konsumtif di PD. BPR Bank daerah Kabupaten Kediri – Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dimana penelitian lebih menggambarkan mengenai keadaan yang terjadi pada PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Kediri – Jawa Timur yang diperoleh melalui wawancara, pengumpulan dokumen, dan pengamatan. Gambaran ini kemudian dievaluasi dan dianalisis berdasarkan COSO ( Committee of Sponsoring Organization ) yang terdiri dari lima komponen pengendalian internal yang meliputi lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan ( monitoring ). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Sistem pengendalian internal untuk pemberian dan pelunasan kredit konsumtif yang ada di PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Kediri – Jawa Timur sudah cukup baik. Akan tetapi masih memiliki beberapa kekurangan dalam struktur organisasi dan kebijakan bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/233/051202085
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jun 2012 14:27
Last Modified: 19 Oct 2021 14:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106052
[thumbnail of 051202085.pdf]
Preview
Text
051202085.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item