Audit Manajemen Sebagai Upaya Untuk Menilai Efektivitas Fungsi Sumber Daya Manusia Pada Pt. Pln (Pesero) Area Pelayanan Dan Jaringan Malang (Studi Kasus Pada Pt. Pln (Persero) Area Pelayanan Jaringa

Pramono,Yogi (2012) Audit Manajemen Sebagai Upaya Untuk Menilai Efektivitas Fungsi Sumber Daya Manusia Pada Pt. Pln (Pesero) Area Pelayanan Dan Jaringan Malang (Studi Kasus Pada Pt. Pln (Persero) Area Pelayanan Jaringa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Audit manajemen pada fungsi sumber daya manusia yang dilakukan pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pencapaian efektivitas fungsi sumber daya manusia pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang dan untuk mengetahui kelemahan dan penyimpangan yang memungkinkan fungsi sumber daya manusia menjadi tidak efektif serta menemukan alternatif dan saran perbaikan atas kelemahan yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara studi lapangan, yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuisioner. Proses analisis data menggunakan metode analisis kualitatif dengan membandingkan tiga elemen penting dalam melakukan audit manajemen yaitu criteria, causes, dan effect untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektivitas fungsi sumber daya manusia dalam mengelola sumber daya manusia yang ada. Batasan masalah dalam penelitian adalah aktivitas-aktivitas pada fungsi sumber daya manusia yang merupakan sasaran audit atas penyelenggaraan semua fungsi manajemen sumber daya manusia, yaitu: (1) perencanaan tenaga kerja, (2) rekruitmen tenaga kerja, (5) pelatihan dan pengembangan tenaga kerja, (6) penilaian prestasi kerja, (7) pemberian kompensasi tenaga kerja, (8) perencanaan karir, (9) perlindungan tenaga kerja, (10) pemeliharaan hubungan dengan karyawan, dan (11) pemutusan hubungan kerja dan pensiun. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa efektivitas fungsi sumber daya manusia pada PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang secara keseluruhan telah berjalan secara efektif. Semua fungsi sumber daya manusia yang ada telah dijalankan sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang ditetapkan sehingga dapat menunjang kinerja perusahaan. Berdasarkan temuan-temuan dalam penelitian, maka diajukan beberapa saran dan alternatif perbaikan yang mungkin dapat menjadi pertimbangan pihak manajemen PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang dalam usahanya memperbaiki dan mengembangkan pengelolaan sumber daya manusi dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/217/051201903
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2012 14:12
Last Modified: 22 Jun 2012 14:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106033
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item