Tingkat Kecemasan Komunikasi Lisan Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus Di Universitas Brawijaya Dan Universitas Muhammadiyah

Ardilla,FauziahFitri (2012) Tingkat Kecemasan Komunikasi Lisan Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus Di Universitas Brawijaya Dan Universitas Muhammadiyah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kecemasan komunikasi mahasiswa akuntansi di Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. Secara khusus, penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki adanya perbedaan tingkat kecemasan komunikasi antara mahasiswa junior dan mahasiswa senior serta tingkat kecemasan komunikasi yang dilihat dari perspektif gender. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan PRCA-24 (Personal Report of Communication Apprehension-24), untuk menentukan tingkat kecemasan komunikasi mahasiswa akuntansi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 117 mahasiswa yang berasal dari Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2008 dan 2011. Statistik deskriptif dan uji-t independen digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa akuntansi mengalami kecemasan komunikasi lisan tingkat moderat. Berdasarkan uji-t independen, bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan komunikasi lisan mahasiswa akuntansi junior dengan senior. Mahasiswa junior lebih mengalami kecemasan komunikasi lisan jika dibandingkan dengan mahasiswa senior. Selain itu, ditemukan bahwa gender juga mengakibatkan adanya perbedaan tingkat kecemasan komunikasi mahasiswa akuntansi. Mahasiswa perempuan lebih mengalami kecemasan komunikasi jika dibandingkan mahasiswa laki – laki. Perbedaan kecemasan komunikasi lisan mahasiswa akuntansi paling tinggi terjadi pada konteks komunikasi presentasi ( public speaking ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/198/051201821
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jun 2012 08:46
Last Modified: 19 Oct 2021 13:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106010
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JUDUL.pdf]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item