Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Nilai Pasar Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Amilia,DessyHardianti (2012) Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Nilai Pasar Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian empiris ini adalah untuk menguji pengaruh modal intelektual terhadap nilai pasar perusahaan. Metode Value Added Intellectual Capital (VAICTM) digunakan untuk mengukur modal intelektual, Value Added Capital Employeed (VACA) digunakan untuk mengukur capital employeed, Value Added Human Capital (VAHU) digunakan untuk mengukur human capital, dan Structural Capital Value Added (STVA) digunakan untuk mengukur structural capital. Nilai pasar perusahaan diukur dengan Tobin’s Q dan Market to Book Value Ratio (MBVR). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berjumlah 125 perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan 72 perusahaan manufaktur yang memiliki kriteria tertentu pada periode 2008-2010. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal intelektual (VAICTM) berpengaruh positif terhadap nilai pasar perusahaan yang diukur dengan Tobin’s Q dan Market to Book Value Ratio (MBVR). Hasil pengujian secara parsial, hanya variabel VACA yang berpengaruh positif terhadap Market to Book Value Ratio (MBVR), sedangkan variabel VAHU dan STVA tidak berpengaruh terhadap Market to Book Value Ratio (MBVR). Variabel VACA, VAHU, dan STVA juga tidak berpengaruh terhadap nilai pasar perusahaan yang diukur dengan Tobin’s Q.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/197/051201820
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2012 15:16
Last Modified: 19 Oct 2021 13:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106009
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_-_rasio_Perusahaan.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_-_rasio_Perusahaan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item