Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Kesesuaian Terhadap Sikap Pengguna Facebook Commerce (F-Commerce) Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mempero

Gunawan,DwikyArifta (2012) Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Kesesuaian Terhadap Sikap Pengguna Facebook Commerce (F-Commerce) Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mempero. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap pengguna facebook commerce dengan menggunakan model technology acceptance model (TAM) oleh Davis et al . (1989), theory of planned behavior (TPB) oleh Ajzen (1991), serta Innovation Diffution Theory (IDT) yang dikemukakan oleh Rogers (1964). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 78 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya yang minimal mengetahui tentang transaksi facebook commerce . Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda dengan software SPSS 16 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi risiko, kepercayaan, dan kesesuaian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap sikap pengguna facebook commerce. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel kesesuaian berpengaruh secara signifikan terhadap sikap pengguna facebook commerce. Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi risiko, dan kepercayaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap pengguna facebook commerce. Hal ini berarti bahwa sikap pengguna facebook commerce dipengaruhi oleh variabel kesesuaian. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi sektor bisnis online khususnya pihak manajemen dan analis sistem facebook commerce agar memperhatikan variable kesesuaian dalam menerapkan dan mengembangkan traksaksi facebook commerce .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/195/051201818
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2012 14:36
Last Modified: 19 Oct 2021 13:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106007
[thumbnail of 051201818.pdf]
Preview
Text
051201818.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item