Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2010)

Tama, PutuGheaPermana (2012) Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Isu tentang pertanggung jawaban sosial (corporate social responsibility) di era 2000an menjadi isu yang banyak dibicarakan masyarakat. Intinya perusahaan tidak hanya dituntut mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya tetapi harus memperhatikan lingkungan sekitarnya, baik manusia maupun alam. Pengungkapan tanggung jawab sosial di laporan keuangan tahunan menjadi penting untuk melihat apakah perusahaan sudah melaksanakan fungsi sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial pada laporan keuangan tahunan. Ada 4 faktor yang memengaruhi pengungkapan yaitu: ukuran dewan komisaris, ukuran perusahan, financial leverage dan profitabilitas. Pengungkapan tanggung jawab sosial diukur menggunakan corporate social responsibility disclosure index (CSRDI). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan dengan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode tersebut diperoleh sebanyak 70 perusahaan sampel dari 136 jumlah populasi. Hasil analisis dengan metode regresi linier berganda menunjukkan ukuran dewan komisaris, ukuran perusahan dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada laporan keuangan tahunan, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah financial leverage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/181/051201630
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 May 2012 12:13
Last Modified: 19 Oct 2021 21:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105993
[thumbnail of 051201630.pdf]
Preview
Text
051201630.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item