Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Economic Value Added dan Market Value Added (Studi Pada Perusahaan Property and Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Putranto, Ady (2012) Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Economic Value Added dan Market Value Added (Studi Pada Perusahaan Property and Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Krisis ekonomi pada tahun 1998 membuat kinerja industri Property and Real Estate di Indonesia mengalami penurunan. Meskipun demikian, sektor Property and Real Estate adalah industri yang dapat pulih lebih cepat. Berdasarkan pengalaman tersebut, maka ketika krisis ekonomi tahun 2008 terjadi banyak sekali opini yang tentang kinerja keuangan industri Property and Real Estate. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan pada perusahaan property and real estate Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010 dengan menggunakan Economic Value Added dan Market Value Added . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi guna menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan berkaitan dengan current status dari subyek yang diteliti. Tipe penelitian deskriptif umumnya berkaitan dengan opini (individu atau kelompok), kejadian, atau prosedur. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 41 perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling , yaitu teknik pengambilan sampel dengan menggunakan kriteria tertentu. Kemudian dengan teknik tersebut diperoleh sampel sebanyak 3 perusahaan. Berdasarkan perhitungan dan analisis kinerja keuangan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa nilai EVA masing-masing perusahaan terendah banyak diperoleh pada tahun 2008 dan nilai MVA terendah berada pada tahun 2009. Rendahnya nilai EVA tersebut dipicu oleh nilai laba operasi bersih setelah pajak (NOPAT) yang kecil pada tahun 2008. Sedangkan rendahnya nilai MVA tersebut dipicu oleh harga pasar saham yang turun drastis pada tahun 2009.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/153/051201505
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 May 2012 09:59
Last Modified: 19 Oct 2021 21:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105962
[thumbnail of 051201505.pdf]
Preview
Text
051201505.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item