Kampung Pintar Sebagai Upaya Pemberdayaan bagi Penyandang Disabilitas (Studi kasus Program Kampung Pintar di Desa Karang Patihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo)

Ferardy, Moh. Alfian (2018) Kampung Pintar Sebagai Upaya Pemberdayaan bagi Penyandang Disabilitas (Studi kasus Program Kampung Pintar di Desa Karang Patihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaa program yang dibentuk oleh pemerintah desa. Dilatarbelakangi oleh permasalahan kemiskinan penyandang disabilitas di desa Karang Patihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Berangkat dari pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah desa disana yang membuat program kampung pintar, sasaranya adalah untuk pemberdayaan penyandang disabilitas di desa Karang Patihan. Melalui program ini penyandang disabilitas diajarkan beragam ketrampilan yang bias menghasilkan penghasilan bagi para penyandang disabilitas. Program yang dibuat dengan asumsi untuk mengentaskan kemiskinan yang dialami oleh masyarakat dan penyandang disabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan program kampung pintar terhadap penyandang disabilitas. Serta respon dari penyandang disabilitas terhadap program ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di desa Karang Patihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Narasumber dari penelitian ini adalah perangkat desa yang terlibat , masyarakat, penyandang disabilitas, dan keluarga penyandang disabilitas. Teknik penentuan informan yang digunakan purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan penjodohan pola. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut :. Tidak terciptanya proses musyawarah membuat program yang dibentuk tidak sesuai dengan keinginan penyandang disabilitas. Dikarenakan hanya mengacu pada tindakan instrumental(kolonisasi). Hal tersebut bisa dilihat dari tingkat partisipasi penyandang disabilitas yang rendah terhadap program yang telah dibentuk. Selain itu respon dari penyandang disabilitas terhadap program ini juga cnderung resisten menolak dikarenakan mereka merasa kesulitan untuk melakukan shifting pekerjaan ketika mereka harus mengikuti program dari pemerintah desa. Hal berbeda justru ditunjukan oleh pemerintah desa yang mengkalim bahwa program mereka berhasil mengentaskan para penyandang disabilitas dari kemiskinan.

English Abstract

This study examines the implementation of programs established by the village government. Background by poverty problems of persons with disability in the village of Karang Patihan, Balong, Ponorogo. Starting from the empowerment by the village government that make the smart village program, the target is to empower persons with disability in Karang Patihan village. Through this program persons with disabilities are taught a variety of income-generating skills for persons with disabilities. Programs created with the assumption to alleviate poverty experienced by communities and persons with disabilities. The purpose of this research is to know and analyze the implementation of smart kampung program to Persons with Disabilities. And the response from Persons with Disabilities to this program. The research method used is qualitative research with case study approach. The location of this research is located in the village of Karang Patihan, Balong Subdistrict, Ponorogo Regency. Resource persons from this study are the village apparatus involved, the community, persons with disabilities, and families with disabilities. Informant determination technique used purposive sampling. The analysis used is by using pattern matching. The results obtained from this research are as follows:. The creation of a deliberative process does not make the program established in accordance with the wishes of Persons with Disabilities. Because it refers only to instrumental action (colonization). This can be seen from the low level of participation of people with disabilities to the programs that have been established. In addition, the response from people with disability to this program also resisted resistant because they find it difficult to do shifting work when they have to follow the program from the village government. Different things are actually shown by the village government that claims that their program has succeeded in alleviating people with disability from poverty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/205/051803605
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Disabilitas,Pemberdayaan Masyarakat,Kolonosasi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 May 2018 00:24
Last Modified: 21 Oct 2021 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10596
[thumbnail of Keseluruhan.pdf]
Preview
Text
Keseluruhan.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item