Analisis Pengaruh Kondisi Keuangan, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Opini Audit Tahun Sebelumnya Serta Opinion Shopping Terhadap Pemberian Opini Going Concern (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang

Wahyuni, Mellyana (2012) Analisis Pengaruh Kondisi Keuangan, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Opini Audit Tahun Sebelumnya Serta Opinion Shopping Terhadap Pemberian Opini Going Concern (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Opini audit yang dikeluarkan oleh auditor merupakan informasi yang penting diketahui bagi para investor dan kreditor ketika akan membuat keputusan berinvestasi maupun keputusan pemberian kredit pinjaman pada sebuah perusahaan. Terkait dengan hal itu, SPAP No. 30 mengatur tanggung jawab auditor dalam mengevaluasi kemampuan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam waktu yang pantas, tidak lebih dari satu tahun sejak tanggal laporan keuangan yang sedang diaudit. Opini audit going concern adalah opini yang dikeluarkan oleh auditor untuk memastikan apakah apakah perusahaan mempertahankan kelangsungan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi keuangan yang terdiri dari: rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio solvabilitas, reputasi kantor akuntan publik, opini audit tahun sebelumnya serta opinion shopping terhadap pemberian opini going concern pada suatu perusahaan. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI mulai tahun 2007-2010. Berdasarkan metode tersebut diperoleh sebanyak 27 perusahaan sampel dari 143 jumlah populasi. Analisis regresi logistik menunjukkan bahwa dua dari enam variabel yang diprediksi berpengaruh signifikan pemberian opini going concern. Kedua variabel tersebut adalah rasio likuiditas dan opini audit tahun sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/123/051201287
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 May 2012 10:38
Last Modified: 19 Oct 2021 13:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105933
[thumbnail of 051201287.PDF]
Preview
Other
051201287.PDF

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item