Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Intellectual Capital (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010)

Ernawati, Eva (2012) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Intellectual Capital (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi tingkat pengungkapan intellectual capital dalam laporan tahunan perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini dilakukan dengan menguji pengaruh mekanisme corporate governance (komposisi komisaris independen, konsentrasi kepemilikan, kepemilikan manajerial, dan komite audit) dan karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, umur perusahaan, leverage, dan tipe industri) sebagai variabel independen, terhadap pengungkapan intellectual capital sebagai variabel dependen. Sampel penelitiannya adalah laporan tahunan perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling , dan diperoleh 145 perusahaan yang telah memenuhi kriteria sampel. Pengungkapan intellectual capital diukur menggunakan metode content analysis. Sedangkan, data penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengungkapan intellectual capital sebesar 25,19%. Komposisi komisaris independen, konsentrasi kepemilikan, kepemilikan manajerial, komite audit, leverage, dan tipe industri tidak berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital. Sedangkan, ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/102/051201188
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 May 2012 09:48
Last Modified: 19 Oct 2021 13:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105912
[thumbnail of 051201188.pdf]
Preview
Text
051201188.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item