Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Pada Internet, Kepercayaan Pada Pemerintah, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan E-Government Berbasis Situs We

Amalina, Khairunnisa (2011) Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Pada Internet, Kepercayaan Pada Pemerintah, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan E-Government Berbasis Situs We. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan e-government berbasis situs web dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang diajukan oleh Davis (1989). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya dan Pemerintah Kota Malang. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 146 orang yang pernah menggunakan internet dan e-government berbasis situs web. Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan pada internet, kepercayaan pada pemerintah, dan persepsi risiko berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan e-government berbasis situs web. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan e-government berbasis situs web; dan persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan pada internet, kepercayaan pada pemerintah, persepsi risiko berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan e-government berbasis situs web. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan e-government berbasis situs web dipengaruhi oleh variabel persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan pada internet, kepercayaan pada pemerintah, dan persepsi risiko. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pemerintah untuk memperhatikan faktorfaktor yang mempengaruhi minat penggunakan e-government berbasis situs web. Selain itu, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa aspek psikologi juga berperan dalam pengaplikasian dan perkembangan sistem teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/81/051100819
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2011 11:10
Last Modified: 19 Oct 2021 12:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105874
[thumbnail of 051100819.pdf]
Preview
Text
051100819.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item