Penerapan Lean Six Sigma Education Dalam Upaya Peningkatan Keefektifan Dari Pelayanan Universitas (Studi Kasus Di Bapsi Universitas Brawijaya)

Wijoyo, MuhammadReza (2011) Penerapan Lean Six Sigma Education Dalam Upaya Peningkatan Keefektifan Dari Pelayanan Universitas (Studi Kasus Di Bapsi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lean six sigma adalah metode baru yang dikembangkan dalam mengukur kualitas barang/jasa yang diproduksi oleh suatu perusahaan di mana metode ini akan membawa perusahaan menjadi lebih efektif dengan menghilangkan waste dari proses dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Lean six sigma yang diterapkan di bidang pendidikan disebut sebagai lean six sigma education . Lean six sigma education dilaksanakan oleh Biro Administrasi Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi (BAPSI) Universitas Brawijaya dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas dari layanan yang disediakan. Implementasi ini akan menghasilkan perbaikan dalam praktek-praktek, prosedur, dan kebijakan terkait dengan proses administrasi di BAPSI. Metode ini diharapkan dapat memberikan BAPSI Universitas Brawijaya untuk mampu bersaing secara kompetitif di pasar pendidikan tinggi. Pelaksanaan lean six sigma sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi dilakukan dengan menggunakan metodologi DMAI di mana penggunaan SIPOC diagram untuk mengilustrasikan aliran operasi, RCA dan FMEA untuk menemukan penyebab terjadinya waste . Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam proses administrasi di BAPSI Universitas Brawijaya terjadi not utilizing employees knowledge, skills and abilities waste and transportation waste . Usulan perbaikan untuk mengatasi limbah ini meliputi: sosialisasi penjadwalan, melakukan pelatihan, dan penjelasan lebih lanjut tentang penghargaan dan hukuman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/799/051304311
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Apr 2013 15:27
Last Modified: 19 Oct 2021 12:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105861
[thumbnail of Chapter_4.pdf]
Preview
Text
Chapter_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_5.pdf]
Preview
Text
Chapter_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_3.pdf]
Preview
Text
Chapter_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Table_of_Contents.pdf]
Preview
Text
Table_of_Contents.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of References.pdf]
Preview
Text
References.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstract.pdf]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_1.pdf]
Preview
Text
Chapter_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_2.pdf]
Preview
Text
Chapter_2.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item